Kamis, 28 April 2016

Bisul Pada Telinga Balita




Assalamualaikum,

Dengar kata bisul sudah terbayang dibenak kita bentuk bisul seperti apa ya kan? apalagi yang pernah "bisulan" mungkin masih ingat persis seperti apa rasanya, ngebet alias sakit *nggak mau ngebayangin*. Bisul adalah sekumpulan nanah/darah yang terakumulasi di rongga jaringan setelah terinfeksi sesuatu (biasanya bakteri, bisa juga parasit)  atau benda asing. Pada kasus Abel ini, si bisul ini tumbuh di telinga. Kok bisa? gini nih ceritanya. 



Pada hari itu (kira-kira bulan Februari 2016), Abel lebih rewel dari biasanya. Mainan apa aja jadi serba salah, minta nya pun aneh-aneh, dan ngomel-ngomel nggak jelas, Biasanya sih kalau lagi kayak gini tuh dia udah ngantuk banget tapi masih mau main, atau lagi gak enak badan. Saya cek suhu badannya ternyata dia sumeng suhu sekitar 38-38,5, mungkin karena masih kondisi pemulihan dari pilek yang lama banget kurang lebih 3 minggu. Selama Abel pilek saya nggak kasih dia obat apa-apa selain syrup paracetamol yang saya kasih di hari ke-2 pileknya, krn demamnya sudah hampir 39 dercel. Selebihnya dia ceria seperti biasa. beberapa hari sebelumnya neneknya cerita kalau setiap dimandikan Abel mengeluh telinga kanannya sakit, kalau kesenggol aja sakit, saya sempat kefikiran kalau telinga Abel kemasukan air saat mandi, soalnya dia udah mulai senang mandi sendiri. Malamnya abel susah sekali tidur, nggak pules, terbangun terus, pukul 2 pagi, dia bangun dan jerit-jerit kesakitan. Telinganya sakit katanya, yang sebelah kanan. Persis seperti yang neneknya ceritain. Jadi kalau tiduran sakit, pas saya gendong dia mulai tidur lagi. Apa kemasukan binatang ya pikir saya, soalnya waktu saya kecil telinga saya pernah kemasukan semut, sakitnya luar biasa sampai saya nggak bisa tidur, dan harus di bawa ke spesialis THT. Akhirnya malam itu saya fix nggak tidur karena takut Abel terbangun dan jerit-jerit lagi, saya sambil browsing kira-kira apa penyebabnya. 


1. Anatomi Telinga
Dari informasi yang saya dapat, telinga balita sakit kemungkinan besar adalah karena Radang Telinga Tengah. Ternyata penyakit ini kerap di jumpai pada balita, malah menduduki peringkat ke-2 setelah batuk dan pilek. Radang telinga tengah lebih sering menyerang balita karena saluran penghubung antara telinga tengah dengan atap tenggorok yang berdekatan dengan lubang hidung bagian belakang (Eustachius) pada balita lebih pendek, lebih sempit dan lebih mendatar karena masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan jadi masih belum sempurna. Jadi saluran ini gampang tersumbat misal kalau sedang alergi atau flu. Nah yang di masksud peradangan telinga tengah itu karena adanya peradangan yang disebabkan oleh infeksi yang menyumbat (cairan atau pembengkakkan selaput lendir) saluran Eustachius dan selaput lendir telinga tengah. Dalam informasi itu disebutkan juga kalau peradangan ini dapat sembuh sendiri, tergantung dari gejala yang ditimbulkan.

Tapi dari pada penasaran dan takut malamnya kambuh lagi , besoknya saya bawa Abel ke Dr. Fauzan A, spesialis THT di Hermina Jatinegara. Sampai disana saya langsung konsultasi apa yang Abel alami semalam. Setelah itu di cek telinga abel, dan bagian dalam telinga Abel muncul di layar, finally terjawab sudah ternyata di telinga kanan Abel ada 2 bisul (nomor 1). Yang terlihat di foto itu bisul yang paling besar dan tepat di depan gendang telinga. Menurut penjelasan dokter, bisul itu adalah kelanjutan dari radang telinga tengah, jadi sebelum ada bisul itu, Abel mengalami radang telinga dulu, karena pileknya nggak kunjung sembuh dan Abel kebiasaan narik (nyedot) ingus ke dalam, ingusnya masuk ke saluran telinga tengah akhirnya terjadi penyumbatan. Padahal Abel sudah pinter buang ingus ke luar, tapi emang saya akui karena kelamaan pileknya, hidungnya sampe lecet dan berdarah, kebayang kan kalau habis buang ingus dan mau nyeka mesti sakit dan perih. Nah itu mungkin yang bikin Abel jadi males buang ingus ke luar, akhirnya jadi nyedot ingus ke dalem terus deh :(
2. Gambar bagian dalam telinga Abel. (no 1 sebelah kanan, no 2 kiri)
Dokter ngasih resep antibiotik, karena penyumbatan ini di akibatkan oleh bakteri (ingus yang masuk ke telinga tengah), dan si bisul ini lagi mateng-matengnya, nggak mungkin di kasih obat tetes takut pecah. Trus Abel juga diresepin obat radang untuk telinga. Pesan dokter jangan bersihin telinga dulu dan berenang dulu (nggak boleh kena air kotor). Untung aja Abel langsung saya bawa, dan ketauan kalau ada bisul, kalau saya nggak cek, bisulnya pecah duhh lain cerita deh nanti. Jadi untuk ibu-ibu kece diluar sana, yuk lebih waspada lagi. Mengajarkan membuang ingus ke luar sejak dini lebih baik, dan lebih peka lagi terhadap pilek yang nggak sembuh sembuh karena mungkin saja Abel terkena alergi. Dokter sih bilang Abel alergi cuaca. Karena cuaca yang nggak kondusif dan tetap belum perlu antibiotik ya moms. 

Usahakan selama pilek anak di gempur dengan sayur-sayuran, buah-buahan atau jus untuk daya tahan tubuh, kalau Abel sih plus madu biasanya untuk tambahan tenaga karena aktifitasnya yang segambreng. Semoga disaat cuaca yang lagi ngga asik ini si kecil dan keluarga selalu sehat ya moms. 


Thanks for reading xoxo

Regards,


Errika Ayu



Refrensi :
http://www.ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/menangani-radang-telinga-tengah
Gambar header dan 1 from Google.




5 komentar:

  1. Makasi banyak sharenya mb ;) baru tahu ke THT bisa liat bagian dalem hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak skrg alatnya kayak lidi dan ada kameranya, jadi bisa di lihat di layar, dan si anak juga nggak berasa takut dan sakit. Karena alatnya panjang dan kecil :)

      Hapus
  2. Share yang bermanfaat Mbak :)

    BalasHapus
  3. Jadi ikut sedih, bisul bukan di telinga aja udah sakit banget, gimana kalau ditelinga. gak kebayang sakitnya kaya apa >.<

    BalasHapus