Selasa, 04 Oktober 2016

Hunting Sekolah untuk Abel (Part 2)

Haiii, Assalamualaikum semua.

Maaf lama banget nggak update, sekarang ada rutinitas baru, jadi ibu-ibu yang antar-jemput anak sekolah. upss, nggak mau keterusan cerita ahh hehe. Kali ini mau nyeritain perihal pencarian sekolah untuk Abel dulu yaah, yuk cuss..


Pencarian kita mulai dari..

1. PAUD Nusantara
Ini adalah playgroup paling deket dari rumah karena tempat nya PERSIS di belakang rumah saya. Bangunannya sama seperti rumah-rumah lain di komplek saya tinggal, hanya ruangannya di bagi menjadi beberapa bagian, untuk kelas, dan garasi digunakan untuk menunggu para Ibu-ibu dan 2 buah mainan, ya itu Ayunan dan semacam tangga- tangga'an. Abel sebetulnya udah nggak asing dengan tempat ini, dari kecil, belum ngerti apa itu sekolah, Abel sering banget  main di  paud ini. Sebetulnya ini second opinion kami kalau kami nggak dapat sekolah yang cocok, ya udah lah disini aja pikir kami. kebetulan beberapa teman mainnya disini juga cuma sudah TK jadi persiapan masuk SD gitu gak akan bisa sekelas juga. Harganya terjangkau banget , tapi ya harga sebanding sama kualitas sih ya, secara umum Abel kepengen sekolah yang bisa lari-larian, banyak mainannya. Kalau modelnya kayak dirumah gitu ya aura sekolahnya nggak berasa *menurut gw*.  Di paud ini memang modelnya konvensional gitu, murid duduk manis, dan over all kegiatan dilakukan di dalam kelas, senam pun begitu. Basic nya umum, bukan islam. Tapi tetap kita masukkan ke second opinion. 

2. KB Quba As-salam
KB ini sempat menjadi incaran saya waktu awal-awal nyari sekolah Abel, saya belum tau banyak tentang sekolah ini, tapi udah sering banget lewat karena lokasinya dekat dengan jalan raya. Setelah menimbang-nimbang dan tanya-tanya, akhirnya kami urungkan niat untuk menyekolahkan Abel disana, jaraknya lumayan jauh dan nggak se arah sama tempat kerja saya, jd kalo saya anter Abel sekolah ya kudu muter jauh, yang jemput juga repot nanti. 

3. Sun flower Islamic Billingual School
Sekolah ini jaraknya nggak begitu jauh dr rumah, sekitar 500m lah, se arah juga dengan si Quba As-salam. Bentuk bangunannya seperti rumah hunian pada umumnya, nggak ada halaman bermain, mainan anak-anak di taro di garasi dan teras rumah, pagar tertutup rapat. Abel sempat trial di sekolah ini. First impressions nya pertama kali masuk hmmm... gmn ya ahaha jujur aja kayak agak horor, karena sepiii banget dan muridnya sedikit. Kalau kita lewat depan sekolahnya pun nggak kayak ramai nya sekolah TK atau playgroup. Bener-bener sepi banget. Kalaupun pas jam pulang sekolah juga cuma beberapa kendaraan aja yg parkir. ruang kelasnya di bagi perkamar. Seperti namanya, sekolah ini billigual dengan bahasa inggris, tapi amat disayangkan 80% pengantarnya inggris, sebelum masuk ke kelas masing-masing, anak anak di kumpulkan di ruang tamu, membaca hafalan surat dan doa-doa yang artinya di sebutkan dengan berbahasa inggris juga ;( sayang banget menurut saya, dalam bahasa ibu saja anak se usia anak saya belum tentu mengerti makna dr surat-surat pendek, ini pake segala di bacain dgn bahasa lain. ya baiklah gpp udah terlanjur ikut trial hehe. 1 kelas isinya juga sedikit. paling banyak 6 org. dan kelas nya Abel (kalau jadi masuk sini ya) jumlahnya 3 orang. Setelah trial dan diskusi dengan suami, kami memutuskan untuk mengeliminasi sekolah ini krn memang nggak cocok dengan sekolah yang Abel mau. Abel terlihat ngga nyaman karena merasa terkungkung di ruangan (karena kalau di pikir-pikir ya sama aja kayak dirumah dong ya), nggak bebas berlari, dan bahasa pengantarnya bahasa inggris, Abel planga plongo doang hikss karena ngga ngerti bahasanya..

4. Global islamic school
Sempat tertarik, tapi ngga sempet cari tau lebih dalam, pas nelp ke office nya, saya tanya bahasa pengantarnya apa, setelah bilang bahasa pengantarnya inggris, saya udah nggak mau nanya lebih dalam, jadi oke. cukup sekian dan terima kasih ahahaha.

5. KB/RA Al Ihsan Akbar
Sejak awal, banyak yang bilang sekolahi ini bagus, tapi saya cuma bisa dengar aja, karena usia abel masih belum cukup untuk sekolah. Sesekali ngelewatin kalau pas lagi muter-muter ajak Abel keliling naik motor sore-sore. Pas usia 3 tahun, saya udah mulai cari-cari info sama teman kantor yang anaknya disekolahin disini. Seruu !  saya pas dengar ceritanya, anak di ajarin mandiri dan tata krama sesuai ajaran islam. Basic nya sentra dasar islam, pengantarnya bahasa pulak. Akhirnya iseng-iseng tanya ke sana dan berujung dengan beli formulir hehe. So far untuk lingkungannya saya pribadi suka banget, banyak pepohonan buah, yang di kasih label nama pohon apa, ada rumput hijaunya, banyak maiannya, pekarangannya luas dan sistemnya moving class tanpa kursi dan meja, di dalam kelas juga maksimal 10 anak dengan 2 orang guru pendamping. Pertemuan kedua, sambil ngembalikan formulir saya ajak Abel ke sini, dan seperti dugaan saya abel suka banget, langsung main, lari kesana kemari, salim dengan Ibu guru, sampe gak mau pulang. Di perjalanan pulang sempet ditanya, Abel seneng gak sama sekolah nya? iya seneng (sambil manggut). Abel mau sekolah disana? iya mau (manggut lagi). Nah berawal dari situ, saya sering banget keliling lewatin sekolah itu untuk sounding kalau bulan depan Abel akan sekolah disni.  Punya teman banyak. Dia nggak sabar banget karena mau coba semua mainannya. Kalo sore-sore muternya nggak lewat sekolah, pasti protes. "kok nggak lewat sekolah aku?".. hehhehe


Dari ke 5 sekolah di atas, akhirnya kami memilih sekolah nomor 5 yaitu KB/RA Al ihsan akbar. Beli formulirnya sih udah dari jauh-jauh bulan, tapi ngembaliiin nya pas udah buka pendaftaran di bulan mei, nyolong start duluan ceritanya hihi takut kehabisan formulir karena memang terbatas banget muridnya. Di page berikutnya saya akan cerita pengalaman hari pertama Abel masuk sekolah ya.. ikutin terus :) 


Thanks for reading, xoxo

Regards,


Errika Ayu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar