Jumat, 04 November 2011

[Review] : Our Catering Vendor NIKIRANI

Alhamdulillah wasyukurillah, menjelang 4 bulan di hari pernikahan kami progress sudah memasuki 65%.. dari mulai bikin checklist sampe turun kelapangan dengan berjalan kaki hingga 1 kilometer untuk cari percetakan undangan.. okeyy,, agak menyedihkan memang hehehe tapi ya itulah seni'nya wedding preparation (kata org2 yg udah nikah) bukan pernikahan namanya kalo ngga repot,, jadi ya apapun yg bikin kesel dan capek, udah jadi satu paket untuk hari bahagia kami nanti.. :) untungnya saya sama cami agak jarang terjun ke lapangan berdua, mengingat jadwal si cami yang blentang blentong sementara jadwal kerja saya yg fleksibel sekali, baiklah bismillah aja bisa saya kerjain semua sndiri,so bisa lebih leluasa untuk kesana kesini, kasian juga ngajak cami, bisa megap2 kalo ikut saya jalan.

Test Food : huaaaaahhh entah kata2 apalagi yg mesti saya ucapin untuk test food vendor2 catering, ini yang paling menyita waktu persiapan saya, hampir 5 bulan!!! dari mulai saya dilamar  bulan mei 2011 , karena saya cari yg 1 paket dengan pelaminan dll, biar ga capek dan ribet di hari H, so hunting vendor ini bener2 mesti detail dan baweeeell luar biasa. hmmmm banyak vendor catering yg saya hubungin awalnya, dari mulai Salma Mandiri, Maharani catering, zulfa halim catering, Casablanca catering, Delima resto, Puspita sawargi, Nia catering, Nikirani hingga Sambega..

seiring berjalannya waktu, sesuai dengan selera lidah, mata, feeling dan kantong saya,,serta hasil penulusuran selama ikutan forum wedding sana sini akhirnya pilihan mengerucut menjadi 2 pilihan , berikut ada beberapa review tentang mereka.

Sebelum kita memutuskan untuk memilih NIKRANI catering, kita sempat membuat kesepakatan dengan salah satu vendor wedding package, hmmm sebut saja "SM" .

Tau SM dari temen saya di kantor lama, dia bilang catering ini sanggar rias minangnya bagus,tapi makanannya standar, dan yg paling bikin penasaran ya harganya, rada miring.. hmmm saya pun sibuk liat-liat review si 'SM' ini di internet khusunya di forum weddingku.com bener-bener mencengangkan 50:50 sih, ada yg bilang bagus dan ada yg bilang nggak bagus,, saya pilih untuk review ini pertama kali soalnya harganya dibawah budget untuk ukuran 1000 orang di gedung. and okay we've start together..

FOOD : dr segi makanan sih relatif yah, yg namanya soal rasa, dan selera org kan beda-beda so saya ga perlu ambil pusing sama masalah itu,karna saya bener-bener harus nyobain sendiri ga bisa dipengaruhin sama komentar2 lain,dan , tibalah saya main ke kantornya dan sekalian mau test food, rasa yg pertama kali saya tangkep adalah enak! seasoningnya berasa semua, gak hambar, tapi lama kelamaan di setiap perform  rasanya (makanannya) gak stabil. dan terkesan kayak catering rumahan. *coreeeeetttt

hmmm oke penelusuran selanjutnya adalah ,,

Marketing and service : ngomong masalah service terkait sama mareketing, orang ini nih yang nanti bakal nge-guide kita sampe penghujung hari H, dan dia yg bakal arrange acara kita bagus atau nggak nya, liat dari komentar di forum sih orang marketingnya baik, waktu itu saya dapet contact marketingnya Mr "G"!!. banyak yang bilang di forum-forum kalo si bapak ini baik dan helpfull banget, dan begitu pula dengan kesan pertama saya pas ketemu dan ngobrol mengenai paket yg bakal  kami ambil, cami pun bilang dy orgnya halus ngga terkesan maksa, cuma makin kesini makin keliatan belangnya, baru 1x test food masa udah di suruh bayar DP, katanya lagi promo dan banyak bonusnya, yg paling bikin ngenes adalah, setelah saya memutuskan untuk bayar tanda jadi *bukan DP !!! tiba-tiba aja dia ngilang dan susah buat di hubungin, tiap saya review apa aja yg kurang dia ngga pernah inget,, entah karena udah dapet uang trus tiba-tiba ngabur gitu aja, omg!!! selanjutnya adalah service, ini  yg bikin saya ilfill setengah mateng sama vendor ini, kemeja yg di pakai sama pelayan cateringnya tidak bersih!!!, selain taplak yang dekil and the kumel, di gelas air putihnya ada genangan sabun bekas cucian piring, yg di temuin si cami juga ada serbuk pasir kayak debu gitu,, ihhh enggak deh.. sekat VIP nya juga, dia malah pake ilalang yg baru banget di cabut dari tanah, keliatan banget tanahnya masih nepel di akar -_____________-

Dekor : Big NO!!. Walaupun saya belom pernah liat perform adat minang dari catering ini, tapi dr beberapa acara yg saya liat bener-bener bikin bola mata saya mau loncat keluar, gebyoknya ngga banget, bunganya sangat amat tidak segar, kayak bunga yg udah kejemur 2 hari, layuu semua, udah gitu standing flowernya cuma dapet 6, padahal gedungnya panjang, kebayang dong kayak apa lowongnya!! udah keliatan jelek, masi aja ngeles " nih mba dekor kita semua bunga idup" ya iyalah semua juga bunga idup, masa iya pake bunga bangkai!! *plaak . udah gitu ada lampion lampu yg gak meaning, menjuntai-juntai gak jelas yg kabelnya kleweran kemana mana, mana ada yg idup ada yg mati.. bikin rusak hajatan orang ajah *emosi* 

Sanggar rias : ada beberapa sanggar yg dia kasih ke saya untuk pilihan, dan rekomendasi dia untuk sanggar minang adalah Arfela di daerah billy moon bekasi. belom pernah denger or baca sama sekali ini sanggar. oke saya  sama nyokap dateng kesana tanpa cami, soalnya kerja.. jauh-jauh kesana dan yg ada saya cuma ngurut dada doang, baru kali ini saya yang di atur-atur sama sanggar, mau kayak gini ga bisa, mau baju ini mesti nambah, kalo kemeja ini juga diluar paket, loh loh,, kok semuanya serba terbatas gini. udah gitu koleksi kebayanya juga cuma sedikit, saya ga boleh request perias, ntr yg punya sanggar yg pilih perias.. wkwkwkw . saya coba searching di internet buat review sanggar ini, dan ngga ada 1 pun yg saya temuin. oke,, enough!!

Harga : sangat miring, hingga sudut kemiringannya 90 derajat hahaha, tapi satu hal yg mesti di inget yahh, " ada harga ada rupa, ada harga ada rasa" so jangan terbuai sama bonus dan harga yang miring, cuma seribu satu vendor yang ngasih service bagus dengan harga semiring-miringnya kecuali kalo owner vendor itu punya tetangga loe atau sodara sendri *ehh.. mesti telitiiii banget deh pokoknya!!

mungkin emang belom rejeki atau jadi pelajaran buat saya dan cami yang ketika itu sangat exited cari vendor catering, selain rugi materi, kami pun rugi waktu karena untuk review catering ini lumayan lama, 3 bulan lebih. oke, saya ga hilang akal kok, karena selagi saya review vendor ini, saya juga smbil mantau catering pilihan saya yg satunya lagi.. ini dia vendornya..


Nikirani Catering

Taunya Nikirani catering sih dari brosur yg saya dapet pas lagi liat-liay venue untuk respsi nanti, trus sempet jadi kandidat terbaik juga untuk di selidiki, hmmm di cover depannya sih ada tulisan " members of APJI", dan gw serching di internet ternyata kayak persatuan katering gitu.. jadi ya udah bisa dinilai lah ya kayak apa kualitasnya, seperti saya mereview vendor yang sebelumnya, saya ikutan forum disana sini, termasuk forum di weddingku.com, dan ternyata banyak reviewnya, dan semua memuaskan serta bagus-bagus , karena saya pernah punya pengalaman buruk sebelumnya ttg catering, untuk vendor yg 1 ini bener-bener hati-hati banget, semua yg jadi concern saya bener - bener minta penjelasan sama marketingnya, dan seteliti mungkin, dari sekian banyak review akhirnya saya nemuin satu nama marketingnya yang banyak disebut di forum, yaitu mba sandra, dari brosur saya telpon dan langsung tersambung olehnya.. pertama kali test food di gedung pegadaian salemba, adat minang, dan sangat owesome, dari mulai dekor, rias, pelaminan, dan yang paling utama adalah makanan,, enaaaaaak banget, pas dimulut kita.. terutama cami yang ngga berenti ngunyaah.

Makanan : enak!! kalo di kasih nilai sih.. 9 lah, saking enaknya saya sampe test food 4 kali bahkan 5 kali nanti desember juga hahaaa, dan diempat-empatnya ga ada yg saya komplain, semua enak dan stabill.. menu buffe'nya emang ngga banyak, tapi rasanya itu yg bikin beda,,   tiap test food nikirani cami selalu ikut, pernah deng 1 kali absen, saya bagian nyobain gubukan si cami nyobain bufee'nya. nah desertnya berdua.

Marketing dan service: seperti kebanyakan marketing di vendor-vendor lain, kalo lagi narik customer ramahnya bukan maen, baiikk banget sampe akhirnya kita bayar DP, hahahhaa *curcol.. untung ngga kayak yg dulu si mbak ini, baiknya masih sampe sekarang.. kebetulan ada beberapa tambahan yg saya mau minta untuk tambahan di resepsi saya nanti, dan dyiamenjelaskan dengan lugas, dan menyanggupi apa yg bisa disanggupi, dan terus terang kalo ngga bisa, jgn iya-iya doang tau-tau pas acara ngga ada realisasinya *preeeeettt... selama test food saya langsung di kenalin sama ownernya, namanya ibu Ani, baik banget dan ramah, pas balik test food malah di bungkusin makanan fresh from the open, hahaa biar ketagihan ya maksudnya :D. sejauh saya liat performnya semua nya oke, bersih, dan pelayannya pun cekatan ngambilin piring kootor bekas tamu, gelasnya bersih, taplaknya bening.

Dekor : Kami suka sama dekornya.  berhubung venue saya agak gelap, jd  saya pilih dekor yg banyak standing lampnya,


Sanggar rias : nah yg ini nih baru nih, dari sanggar yg dia sebutin udah ngga asing lagi buat kami, dari mulai rumah manten veny rahman, Tata elegant, sanggar Rifqi, sanggar putri blaa blaaa.. hmmm okey, ngga ragu lagi deh kali ini. hmmmmm... cusss bungkuiihh

Harga : hahhaa kalo ngomongin harga mah tutup idung aja deh,, lah kok tutup idung.. tutup mata maksudnya :)),, harganya sih 2x lipat dari vendor yang pertama. tapi kalo semuanya memuaskan kenapa ngga.

Setelah di rundingkan matang-matang akhirnya pilihan kami jatuh pada vendor yang satu ini, lega akhirnya, 1 point yang paling penting akhirnya dapet juga.. gak henti-hentinya kami minta doanya supaya semua berjalan lancar sesuai rencana hingga hari H yaaaah.. Amin


Regards

Errika








3 komentar:

  1. Mba boleh shre dong vendor apa yg pertama hehe, trs share nya budget dr nikirani ke erin.restriana@gmail.com hehehe thank youuuu

    BalasHapus
  2. Aku udah DP Salma dan aku batalin.. waktu TF pertama oke, TF kedua lumayan tp pas TF ketiga langsung pengen nangis guling2an -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita senasip ya mbak hehe. mudah2an jadi pelajaran banyak org harus lebih hati2 lagi.

      Hapus