Rabu, 09 Oktober 2013

Cerita IMD ku..

Jaman sekarang udah semua ibu tau dan "beberapa" rumah sakit dan bidan pun melaksanakan IMD.. apasih IMD itu? 


Inisiasi Menyusui Dini (IMD) adalah suatu proses menyusui segera atau sedini mungkin yang dilakukan setelah proses melahirkan, dimana bayi dibiarkan mencari putting susu ibunya sendiri. 

Ketika dilahirkan bayi memiliki naluri untuk mencari sumber kehidupannya. Yang dibutuhkan hanyalah sentuhan kulit antara bayi dan ibunya dalam satu jam setelah kelahirannya. Penelitian membuktikan Inisiasi Dini Menyusu dalam satu jam kelahirannya meningkatkan keselamatan jiwa si bayi dan mendorong keberhasilan pemberian ASI selanjutnya. Begitu lahir, bayi cukup di lap hingga bersih. Dan tanpa dibedong langsung diletakan di perut atau dada ibunya. Biarkan bayi tengkurap sehingga terjadi sentuhan antara kulit perut atau dada ibu dan bayi dan refleks merangkak dan menyusu terjadi 20 hingga 50 menit kemudian. Sentuhan kulit ibu dan bayi akan menjaga suhu bayi dan menghangatkannya saat berusaha mencari puitng susu ibu. Sungguh suatu momen yang sangat menakjubkan ketika akhirnya bayi berhasil menemukan putting susu ibunya dan mulai menyusu. Dia akan segera mereguk kolostrom yang sangat berharga. Kolostrom atau susu pertama ibu yang berwarna kekuningan mengandung zat-zat penting untuk kekebalan tubuh bayi. Sentuhan mulut bayi dan putting itu juga merangsang produksi ASI dan melatih bayi menyusu serta mempererat kasih sayang ibu dan belahan hatinya. Sungguh menakjubkan. Mendekap dan membiarkan bayi menyusu dalam satu jam kelahirannya. Meningkatkan kelangsungan hidup si bayi. (Bayi Amelia, Klaten 13 Agustus 2007. Diunduh dari youtube.com didukung oleh Bakti Husada dan Unicef)


Ada banyak manfaat yang di dapat dari IMD ini, di antaranya : 
  • Bayi bisa dapet Colostrum (Kolostrum adalah cairan kekuningan yang mengandung imunoglobulin yang   merupakan faktor utama kekebalan tubuh terhadap penyakit. Kolostrum dihasilkan pada tahap akhir kehamilan dan hari-hari pertama ibu setelah melahirkan)
  • Bayi terhindar dari Hypothermia (kehilangan panas). Pada inisiasi menyusui dini tubuh bayi akan menempel langsung pada tubuh ibu. Panas tubuh ibu juga akan menyesuaikan dengan tubuh bayi secara alami sehingga mengurangi kematian bayi karena kedinginan.
  • Ibu dan bayi merasa lebih tenang. ini yang paling penting, karena bayi kan selama 9 bulan di dalem perut, hangat dan tenang, ga berisik, tiba2 keluar langsung aliat cahaya, berisik dan dingin, jadi pas IMD ini si bayi merasa nyaman krn langsung dapet hangat dari tubuh mamanya, gak kaget.
  • Bayi memperoleh ASI. ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. mengandung protein yang mudah dicerna usus bayi dan memberikan kekebalan secara alami.
  • Mencegah terjadinya perdarahan pasca melahirkan pada ibu. refleks isap bayi akan menyebabkan rahim berkontraksi dan mempermudah pengeluaran plasenta sehingga mencegah perdarahan.Selain itu, hormon yang dihasilkan dari refleks hisap bayi juga dapat membuat ibu menjadi tenang dan lebih mencintai bayinya serta merangsang pengeluaran ASI sehingga kolostrum lebih cepat keluar.
  • Proses IMD akan membentuk suatu keterikatan psikologis yang kuat (early infant mother bonding) antara ibu dan bayi.
nah terkait dari postingan sebelumnya, gw kan melahirkan sesar, trus emang bisa imd? kan ruangan operasi dingin? ya bisa banget laaaah.. intinya selama rumah sakit nya mendukung dan yang paling utama adalah kondisi si ibu dan bayi sehat :). 

"Inisiasi dini juga berlaku untuk bayi yang lahir dengan cara sesar, vakum, kelahiran tidak sakit atau episiotomi. Hanya peluang untuk menemukan sendiri puting ibu akan berkurang sampai 50%. Ini juga berlaku untuk bayi yang begitu lahir dipisahkan untuk ditimbang, disinar, dan lain-lain"


Berikut sedikit cerita tentang IMD ketika melahirkan Abel ..

Pas usia kandungan gw 27w dirumah sakit tempat gw kontrol (RSIA Hermina) disarankan untuk booking kamar dan konsultasi biaya persalinan apabila berencana melahirkan di situ. Gratis kok, pas booking kamar cuma bayar 15 rb buat administrasi. ;) nah disitu lah gw nanya se detail mungkin ttg IMD dan ASI-X atau asi Ekslusif serta Rooming in (bayi di rawat gabung dengan ibu, tdk dipisah). dan Gw gak salah PILIH ternyata, untuk IMD dan ASI ekslusif  serta Rooming In ternyata sudah Menjadi Prosedural disini, " itu sudah menjadi SOP kita bu, kan sesuai sama lambang kita" daebak!! jadi walaupun sesar, IMD tetap masih bisa di lakukan. dan yang TOP nya lagi, walaupun pilih kelas yang paling murah atau kelas 3, tetep bisa rooming in loh.. mantep. 


(dari dulu gw nggak pernah ngeh, kalo gambarnya itu, ibu lagi menyusui, gw kira, ibu lg gendong anak -.-)

Bukannya promosi atau memuji, tapi 3 hal itu menjadi concern utama saat memilih rumah sakit tempat bersalin toh? ya kan? nah,, lucky me ternyata 3 hal itu disini ada. dan alhamdulillah gw dapet fasilitas itu semua.. 

Dan singkat cerita,

Setelah operasi, gw dipindah ke ruang pemulihan(masih di ruang operasi), bajupun udah berganti ke baju biasa, pas masuk ruangan itu, udah banyak ibu-ibu yang ngantri giliran mau di belek perutnya, kedengeran banget suara abel nangis, pdhl baru tadi ngeliat anak sendiri dan udah hapal suara tangisnya hihih (iyalah apal, wong baru abel doang yang lahir pagi itu kekeke). suster bilang gw disana kurleb 4 jam sampe nunggu kebal dari bius epiduralnya hilang, boleh tiduran, tapi tetep latihan gerak-gerakin kaki dan miring2in badan, ajegileee, itu luka jahitan aja masih basah, udah disuruh miring-miring aja gue -.- . 10 menit kemudian suara tangisan yang mirip abel itu (emang abel sih) mendekat ke arah gw, trus ada satu suster dan dokter  elizabeth yomi, SpA. ( yang tadi bantu melahirkan di ruang operasi) dateng bawa abel,, tadaaaa akhirnya gw bisa meluk anak gw buat yang pertama kali, belom di mandiin baru di lap kain handuk trus di ambil darahnya buat di cek kata dokter, tapi dia haruuuum banget :)

Gak lama kemudian suster minta izin buat buka kancing baju gw " bun, buka kancingnya ya, kita IMD yuk, nih babynya udah kangen nih sma bundanya" suara susternya halus banget. gw yang masih sayup-sayup antara sadar dan gak sadar krn obat bius pun cuma mesam mesem. dan dimulailah IMD itu,, Abel di taro persis di dada gw, posisinya tengkurep. pada proses kelahiran normal si bayi di taruh di perut, dan nanti akan bergerak sendiri naik ke dada ibunya dan nemu puting susu ibunya sendiri sampe akhirnya di hisap. tapiii karna perut gw abis di ubek-ubek, jadi langsung aja di taro di dada aja :)

(Ilustrasi ) Kira-kira Gambarnya begini lah bu ibu..

15 menit gw ngeliatain anak gw menggeliat di atas dada gw, subhanallah, kepala dia hampir sampe di payudara gw, dia tau ternyata. jari-jarinya ngais-ngais kulit gw, dan pada akhirnya tangan mungilnya hinggap di puting gw, aahhhh lagi-lagi gw gak bisa nahan air mata, ya allah baru beberapa menit jadi ibu aja rasanya udah gak karuan, bahagia bin takjub :)


sampe akhirnya abel nangis histeris jejeritan, suster yang dampingin proses IMD manggil dokter cantik tadi, kata dokter abel udah kedinginan dan kesel karena gak dapet puting susu bundanya,, untuk mempercepat proses krn abelnya udah menggigil, si dokter anak itu massage pd gw sebelah kiri yang udah mulai bengkak, di penceeet sekuat tenaga, (sakit luar biasa) sampe akhirnya keluarlah cairan putih bening " bun, ini yang namanya kolostrum, setiap bayi yang lahir wajib dapet kolostrum supaya kekebalan tubuhnya maksimal" greaat, happy gw dengernya, pas cairan itu keluar, kepala abel langsung di dekatkan persis mulutnya di ujung puting, dan voilaa lidah langsung menjulur dan jilat jilat alias icip icip si kolostrum tadi,, omg kok dia bisa tau ya, padahal matanya abel ketutup, mungkin dari baunya kali ya..


Proses icip-icip kolostrum tadi berlangsung sebentar, abel di ambil lagi untuk di bedong sama suster, mau di taruh di inkubator dan dimandikan.. nanti 6 jam setelah ini suster bakal anter abel ke ruang perawatan.. hmm ga sabar mau gendong lagiii.. yeeay.





*Next : Perjuangan Asi untuk abel, check this out, semoga bermanfaat :)




3 komentar:

  1. caranya bagemana sih ta? gw kaga ngerti nih.. ohh gw harus follow lu dulu yak.. *garuk2*

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh udah bisa deng, ternyata gampang cuma masukin nama blog nya doang *oon sekali*

      Hapus