Selasa, 08 Oktober 2013

Cerita Kelahiran Abel - Bagian 1

Assalamualaikum


Banyak banget yang mau diceritain tapi emang bener-bener gak sempet nyentuh leptop buat ngeblog sama sekali semenjak lahiran, ada waktu dikit mending tidur, mulai dari soal menyusui, kehidupan sebagai ibu dan masih banyak lagi. Ngga bohong kalau sekarang belajar bagi waktu itu susah, lelah jangan ditanya. Tapi rasanya bahagia banget dan bersyukur dititipkan anak sama Allah *peluk #babyabel 


Selasa, 30 Oktober 2012

Ini jadwal kontrol mingguan, seperti biasa suami selalu ikut tiap kontrol ke RSIA hermina ketemu dokter Yushar,spog, hari ini seperti yang udah di janjikan saya mesti periksa CTG yang pertama gunanya untuk ngerekam denyut jantung si abel dalem perut waktu itu, krn usia kandungan udah 38w5d , hasilnya :semuanya normal, gak kelilit tali pusar, belom ada tanda-tanda kontraksi, masih ada kesempatan buat normal  akhirnya, dokter nyuru balik lagi tanggal 3 nov, buat ctg yang ke 2 dan periksa dalem.. 

Sabtu 3 Nov 2012

Rutinitas sabtu setelah cuti adalah senam hamil, ngambil yang paling pagi, biar gak males berangkatnya, gak tanggung-tanggung senam jam 9 pagi, dr rumah jm 8, hahaha kebayang banget muka para lelaki setia, yang nganterin istrinya senam jam 8 pagi,, tergelepar menganga terkantuk-kantuk nunggu di ruang tunggu senam hamil hermina. yang senam udah berganti ke wajah-wajah baru, wajah lama yang usia kehamilan sama dgn saya udah pada mbrojol semua, saya? tetep masih eksis senam tentunya.. senam sekitar 1 jam, seperti biasanya saya keluar bawa majalah, di kasih sponsor susu hamil trus makan snack pagi, selesai senam jadwal balik ke dokter, dapet nomer antrian 5 waktu itu, selesai di timbang tensi, agak terpesona liat berat badan saya yang udah naik 22 kilo sajaa sodara, dari 41-63 , sambil nunggu antrian si suami bisikin " mah, kl si dedek masih belom masuk panggul juga, di sesar aja juga gpp ya" duuh bikin semangat saya tumbang aja, tp emg bener sih, sampe hari itu posisi perut saya juga masih belom turun selayaknya org yg udah siap lahir, rasa cenut-cenut pun kerasa cuma sedikit, kontraksi palsu juga udah mulai kerasa dr 37w, akhirnya saya di panggil suster buat ctg, bismillah mudah2an abel baik-baik aja dan udah ada tanda2 kontraksi hihihi *ngarep* secara td abis nungging-nungging senam siapa tau ada kemajuan, ternyata oh ternayata, abel lagi anteng2 aja di dalem, belom mau keluar ya bel.. 

Detak jantung abel juga masih pindah-pindah it means kepalanya belom ngunci ditulang panggul, feeling kuat banget waktu itu, cuma ga mau su ujon dulu ah,, biar jelas nanti biar dokter aja deh yg jelasin. selesai CTG akhirnya tiba saatnya VT or Vaginal Touch, atau periksa dalem lah istilahnya, daan jeng jeng bener aja pirasat saya, kepalanya masih jauhh belom keraba kepalanya.. ngeeeek, oke masih ada kesempatan buat tau dr usg scanner, jadi di ukur lingkar panggul saya dan lingkar kepala si abel, dan terbitlah sudah kekecewaan yg mendalam, kepala abel diameternya 9,75 sementara tulang panggul saya diameternya cuma 9,2 *nangis pukul-pukul suster* akhirnya dokter kasih pilihan buat induksi apa sesar.. suami mukanya udah mekar lebar merekah aja noh, pasti nyusruh saya sesar lagi deh.. udah kebayang kalo induksi nahan mules muka dia saya bejek-bejek kayak perkedel :)) gegara saya yang masih kekeuh mau induksi, dan suami yang getol mau sesar, akhirnya dokter nyuruh saya pulang dulu gih sana, minta restu emak bapak hahaha.. ntr kalo udah final baru telpon saya lagi..


di perjalanan pulang suami tetep ngebujuk saya buat operasi aja, mengingat kondisi abel saat itu yang sebenarnya baik-baik saja tapi kalo harus di induksi sepertinya kemungkinan 50-50, it means saya bakal ngerasain 2 proses melahirkan sekaligus mulees iya operasi iya juga dan secara gak langsung malah nyiksa abel yg udah jelas-jelas pinggul gw yang mini kenapa juga kepala bayi yg lebarnya segitu mesti di paksa keluar lewat bawah, di sisi lain, saya masih kekeh buat nyoba induksi, dalam fikiran saya apapun bisa terjadi nanti, allah udah nyiptain sedemikian rupa bentuk tubuh saya pasti ada jalan kok, kalo dipikir-pikir yang lahiran di bidan badannya kerempeng kurus kering aja bisa lahir normal dan anaknya gede gak tanggung-tanggung kisaran 3,5-4 kilo.. trus alesan saya ga bisa kenapa gitu? saya nggak cebol-cebol amat kok, badan g juga ga kurus,takut? nggak kok, udah cita-cita dari jaman belom nikah, pengen banget ngelahirin normal, Persalinan normal memang yang paling ideal.  Persalinan ini tentu minim risiko, seperti perdarahan yang tidak berlebihan.  Biaya persalinannya tentu jauh lebih murah ketimbang caesar.  

Proses pemulihan setelah persalinan umumnya lebih cepat.  Ibu tak perlu menjalani rawat inap lama; sekitar 4-6 jam pascapersalinan, umumnya si Ibu sudah bisa berjalan dan keesokan harinya sudah boleh pulang dari rumah sakit. Rahim pun akan melalui proses alami untuk kembali ke bentuk semula.  Jika Ibu berencana memiliki anak lagi, maka tidak ada masalah dengan jarak kehamilan berikutnya. Secara biologi, persalinan ini memicu kelenjar susu memproduksi kolostrum untuk dihasilkannya air susu.  Selain itu, bayi yang lahir secara normal memiliki daya tahan tubuh terhadap alergi yang lebih tinggi dan risiko asma juga rendah.  (info : kemangmedicalcare.com). tapi saya nggak mau takabur, nggak mau maksain kehendak, saya coba berkomunikasi sama abel hari itu, perut yang terkesan tenang dan gak banyak tingkah hari itu bener-bener nggak menunjukan tanda-tanda kontraksi sama sekali. abel kayaknya ga terlalu peduli dengan cara apa dia keluar, dia pasti nggak sabar liat muka mama dan papanya kan.

setelah berunding dengan keluarga, akhirnya kita mutusin untuk sesar, lega akhirnya saya tau kapan persisnya kita ketemu abel,, berarti tinggal counting down aja dong ya.. aaaah ngga sabar. udah nggak kepikiran lagi deh pengen ngerasain mules beserta pembukaan yg menghabiskan tenaga dan waktu itu, YANG PENTING IBU DAN ANAKNYA SEHAT DAN SELAMAT, just it! lagian setelah di ceritain dokter ternyata operasi sesar sekarang udah canggih, ada pain killer yang bikin ga sakit pasca operasi, penyembuhan juga cepet, 1 minggu udah gagah jalan sono sini, dan persalinan kurang lebih cuma 10-15 menit doang,, kilaaaat :D *mencoba menghibur diri*langsung saya telpon dokter dan semua di urus dengan cepat dan kilat, bener-bener luar bisa deh ini rumah sakit (sedikit memuji) wajar kalo jadi pelopor RSIA terbesar dan pertama hehe :D semua perabot abel yang cuma 1 tas doang, karena semua keperluan abel udah disediakan disana, begitupun saya, langsung masuk bagasi, jadi cuma bawa gembolan dikit.. :D ,keluarga inti sengaja kita kasih tau, dengan alesan minta restu semoga proses operasinya dilancarkan. okey, semua udah dipersiapkan sebelumnya, insya allah secara lahir dan bathin jauh lebih siap untuk operasi ketimbang yang udah babak belur nahan mules tau-tau terkapar pake gaun hijau x_s .ngga sabar nungu besoknya hehe.. lanjut ke page berikutnyaa ya, ceritanya lebih seruu.. cuss ;)

Regards

Errika


Tidak ada komentar:

Posting Komentar