Rabu, 15 Januari 2014

Panduan MPASI menurut WHO

Ketika abel masuk waktu makan, pertanyaan yang lagi trend saat ini adalah ikutin yang who apa yang food combining apa BLW ka? hah? apaan sih maksud nya mau kasih makan aja pake ngkutin versi ini itu.. hmm well dari pada ketinggalan berita dan biar makin jadi ibu-ibu gaul, akhirnya gw mencari tahu apa sih versi who dan fc (food combining itu) atau blw (baby lead weaning), selain ikut seminar singkat AIMI di hermina ttg MPASI, konsul dengan dsa abel juga pastinya.

singkat cerita, gw dapet artikel ini dari forum AIMI ASI di facebook. setelah di compare dengan versi yang lain dan konsultasi sama dsa abel, sepertinya gw lebih condong untuk ngikut yang versi who hehehe,, nggak bermaksud mendaingkan loh ya,, yang mau ngikut versi lain ya silakan ajah kkkkk.. kondisikan dengan kemampuan pencernaan si anak ya. 

MPASI masuk point ke 3 Standar Emas makan Bayi standar WHO,yaitu "Pemberian MPASI di bulan ke 6,dengan di berikan mpasi yang berkualitas"... berkualitas di sini adalah,makanan rumahan,sesuai kearifan lokal yang ada. ( tuh who aja ngajarin anak kita untuk makan makan lokal dulu, supaya terbiasa dengan rasa makanan rumahan yg kita masak sehari-hari :p)

jadi... mpasi itu sesuai dengan apa yang di makan keluarga sehari-hari. bukan memasak secara khusus.hari ini ibu memasak apa? sayur asem? pisahkan sayur asem yang belum di beri bumbu gula dan garam untuk mpasi buah hati kita. haluskan secara terpisah saat akan di sajikan besok, masak lodeh terong? sisihkan juga sebagian :) 

apa yang bisa di berikan di usia 6 bulan?semua bisa. sayur,buah,serelia,protein hewani,nabati,telor,santan,minyak semua BISA di berikan mulai usia 6 bulan berikan keanekaragaman makanan untuk nutrisi yang terbaik bagi bayi

bagaimana dengan alergi?cermati dahulu apakah ada riwayat alergi dalam keluarga?cermati juga makanan yang rentan menimbulkan alergialergi akan terjadi dalam rentang waktu tidak lama,jadi toleransi 3 hari bisa di lakukan jika bayi ada kondisi riwayat alergi, dan pada makanan yang berpotensi pencetus alergi.

bagaimana frekuensi?
di usia 6 bulan tepat,berikan 1x-2x makan  
usia 6 bulan lewat sampai 9 bulan berikan 2x-3x makan dan 1x camilan
usia 9-12 bulan berikan 3x makan dan 2x camilan
usia 12 bulan lebih berikan 3x-4x makan dan 2x camilan


teksturnya?
6 bulan... bubur saring,kental tidak mudah jatuh
9 bulan... cincang halus,dan mudah di jumput
12 bulan ke atas.... makanan keluarga


porsi?
6 bulan awal... berikan 2-3 sdm
6-9 bulan... tingkatkan menjadi 1/2 cangkir ukuran 250ml
9-12 bulan.. tingkatkan menjadi 1/2-3/4 cangkir ukuran 250ml
12 bulan ke atas.. tingkatkan menjadi 1 cangkir ukuran 250ml

apapun pilihan orang tua untuk memberi mpasi,baik mengikuti standar WHO,FC,BLW atau Vegan,pastikan anda paham benar tata caranya,detil pemberiannya,bukan hanya sekedar mengikuti trend semata

soo... mudah bukan :) tidak perlu bahan makanan khusus,alat khusus atau bentuk khusus.. karena agar anak akan terbiasa dengan makanan keluarga sehari-hari.. 

simple banget buat seorang gw yang harus bekerja dan gak punya banyak waktu untuk nyoba banyak resep setiap hari. nah pertanyaan yang paling mendominasi itu pastinya tentang alergi. ga ngikutin 4dr or 3 dr ka? hmmm menurut aimi dan dsa abel, tidak harus semua makanan di berlakukan 4/3 dr, karena alergi itu akan ketauan 1x24 jam kok, kecuali protein hewani yang butuh 3-4 hari untuk dicerna, jadi baru ketauan 3-4 hari kalau kena alergi. jadi cukup makanan yg berpotensi alergi aja (susu sapi,telur, kacang2an, daging, seafood, stroberi, pisang, jeruk, dan anggur dsb ) yg di amatain selama 3-4 hari.  sisanya jalan teruuusss hihihi. disini dijelasin kalo kita cuma main di porsi, tekstur dan frekuensi aja berdasarkan usia dan kemampuan megunyah si anak. amati juga beberapa gejala alergi, selain bintik merah, yaitu :
  •  kembung, biasanya disertai sama pup cair, dan bayi super rewel
  • diare berlendir kadang disertai bercak darah.
  • batuk. batuknya dikategorikan seperti batuk kering, dan sering frekuensinya.
  • sesak
  • muntah2
  • gatal-gatal atau eksim pd kulit


abel udah makan bubur tim kental di usia 6,5 bulan, dia udah gak mau makan encer (pure/bubur susu) atau bubur lembut. wew, 1 fase dilongkap sama abel, jadi kemampuan mengunyah dan pencernaan itu tiap anak beda2, kalo anaknya udah siap ya sah-sah aja kan.

selama mpasi 6-11 bln, abel sembelit 1 kali, diare 2 kali, eksim (ruam kulit) 1 kali.

sembelit ke 1 : waktu abel nyobain tepung gasol kacang hijau. (alergi)
diare ke 1 : masukin kacang merah di bubur tim abel (alergi)
diare ke 2 : waktu abis pulang kampung, usia abel 10 bulan dan disana gak makan makanan pencetus alergi, murni karena air atau makanan yang kurang bersih waktu mudik. (bukan alergi)
eksim : nah yang ini sebelum abel makan pun udah kena ini, ternnyata eh ternyata karena gw suka makanin kacang tanah di sangrai (karena sebagai booster asi, jadi ya gw konsumsi tiap hari deh). 

kesimpulan : abel alergi kacang-kacangan kecuali kedelai. lain lain lolos uji.


Dan alhamdulillah karena abel selalu gw kasih bahan makanan lokal (sebagian besar) jadi dia udah terbiasa dengan makanan yg gw makan dan masak sehari-hari, dia juga udah bisa kenal rasa makanan dari asi selama menyusui. dan finally di usia 11 bulan abel udah makan table food (makanan keluarga) dan nasi putih utuh. fiuhhh huru hara ngetim dan bikin variasi makanan ini itu akhirnya selesai sebelum si bocah ini 1 tahun.. 

Regards,

Errika 




4 komentar:

  1. Keren mba...ini ankq lg mpasi ...aq ikut who juga....bisa share resep2 mba?

    BalasHapus
  2. Haii mbak momy juna, resep menyusul yah, insha allah saya posting. terima kasih.

    BalasHapus