Selasa, 10 Mei 2016

Lakukan 6 Hal ini Ketika Kehabisan Ide Menulis



Assalamualaikum,

Bagi seorang personal blogger, mencari ide untuk postingan blog terkadang suka mentok, alias buntu, alias kehabisan ide. Lagi ngga ada ide mau bahas apa. Saya juga demikian. Walaupun masih tergolong "pemula" di dunia blogging, yang namanya kehabisan ide kerap sekali datang. Apalagi kalau kerjaan kantor lagi nggak asik, ide-ide segar di kepala gelinding entah kemana karena fikiran bercabang. Akhirnya saya mencari cara yang mudah untuk mendapatkan ide, tapi nggak perlu pergi semedi jauh-jauh, nggak keluar uang banyak-banyak, nggak menyita waktu saya, nggak perlu ke tempat indah dan tenang untuk dapat inspirasi *secara ya bok saya punya bocah kecil, bisa megang hp dirumah aja udah bagus banget haha* . Bagi yang mengalami hal serupa, yuk simak 6 Hal yang saya lakukan ketika kehabisan ide menulis :)
  1. Jalan-jalan ke toko buku yuk.
Membaca apa saja yang menurut saya menarik, mulai dari majalah, buku parenting, buku resep masakan, buku makeup sampai Koran. Bisanya dengan membaca munculah ide-ide untuk menulis, ini adalah salah satu cara paling jitu ketika saya sudah kehabisan ide untuk menulis. Kenapa nggak browsing internet aja? Ya, TAPI kalau sudah dapat ide atau tema dari membaca buku baru saya browsing, kenapa begitu? Karena kalau belum dapat ide sudah browsing-browsing pasti fikiran bercabang kemana-mana, buka situs ini itu, belum lagi buka sosmed, kebablasan blogwalking, yang ada malah ngga dapet-dapet inspirasi heheh, malah order di online shop, duuhh!!! Hahha. Biasanya saya jalan-jalan ke toko buku Gram*dia hanya untuk sekedar baca-baca saja, ya sebut saja cari ilham *ketauan nggak beli ya* hahaha . Saya baca 2-3 topik, lalu saya foto bukunya sebagai refrensi, nanti di rumah atau dikantor saya browsing deh. Saya kupas dan bahas topik tersebut sesuai sudut pandang saya.
  1. Abadikan momen apa saja, potret!!
Nah ini juga menjadi salah satu ide untuk mendapatkan tema di blog. Bagi ibu rumah tangga mengabadikan momen selesai memasak dengan memotret hasil masakan,trus tulis resepnya dan posting deh simple ya dan pastinya bermanfaat juga. Lalu potret kegiatan anak, misal saat sedang berenang, saat bermain sepeda, sedang bermain dengan temannya, trus muncul deh ide misal manfaat bermain sepeda untuk balita, manfaat berenang dll. Mengabadikan moment saat bertamasya dengan keluarga ke sebuah tempat nah kita bisa bercerita perjalanan dan kejadian apa saja yang menarik saat bertamasya. Atau buat tips khusus saat diperjalanan, tips-tips menarik seputar kegiatan liburan yang tentunya bermanfaat terutama untuk ibu rumah tangga. 

  1. Tulislah hal-hal bermanfaat yang bisa disharing (kejadian-kejadian penting yang sudah kita alami). 
Misalnya kita berhasil menyapih anak dari ASI, tak ada salahnya kita sharing cerita dan pengalaman kita di blog, siapa tau orang lain yang sedang berusaha mau menyapih anaknya menjadi termotivasi. Tentang Toilet Training, resep-resep MPASI, pengalaman saat anak terserang penyakit apa dan lain sebagainya.
  1. Review produk/tempat yang baru kalian coba.
Menurut saya ini cukup bagus untuk di jadikan tema, sebagai perempuan setiap kita mau membeli atau ke sebuah tempat, pasti kita akan browsing dulu bagaimana sih reviewnya, kalau bagus ya lanjut, tapi kalau reviewnya kebanyakan negative, bisa jadi kita nggak jadi ketempat itu atau nggak jadi beli sebuah barang misalnya. Kalau  abis belanja kosmetik selesai di coba langsung jepreeet, trus tulis review singkat, upload and all done!
  1. Perbanyak blogwalking. 
Selain memperbanyak teman, dan silaturahmi, blogwalking juga bisa digunakan sebagai cara untuk mendapatkan ide dalam menuliskan tema di blog, terkadang kita sudah mendapatkan ide untuk dijadikan tema, tapi buntu mau nulis dari mana, pembukaannya gimana ya, karena kalau salah start kayaknya ide-ide malah nggak ngalir, dengan BW kita bisa lihat gaya tulisan teman kita, dari mana harus bercerita, apa yang harus dan tidak boleh di lakukaan di permulaan paragraph dan lain sebagainya, banyak inspirasi dan ilmu baru yang kita dapatkan dari blogwalking.


6. Cermati Trending Topic yang saat ini sedang marak di perbincangkan.
     
Kita juga bisa bahas sesuatu yang mainstream, seperti hal yang sedang hangat di bicarakan netizen atau topic apa saja yang sedang booming. Seperti kisah Alm. Nunung, atau Bahas cerita tentang film AADC hihi dan lain sebagainya. Biasanya dengan membahas sesuatu yang sedang menjadi topic hangat apalagi pembahasan sesuai dengan sudut pandang kita, pasti akan menyedot banyak pembaca. 

Sekian dulu tips dari saya, apabila teman-teman punya tips lain yuk di sharing atau bisa juga menuliskannya di kolom komentar ya. Thanks for reading :)



Regards,


Errika Ayu




4 komentar:

  1. Saya sukanya baca buku mba kalau uda kehabisan ide akhirnya menginspirasi buat nulis jadi deh postingan ala saya hehehe.
    Salam kenal mba^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mbak, hehe sama yaa kita. cuma bedanya buku bacaan ku nggak begitu banyak dirumah, sekali dua kali cuci mata ke toko buku :D

      Hapus
  2. aku seringnya blogwalking, membaca juga sih intinya, banyak baca pasti banyak juga yang bakalan ditulis ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss mba indah, otak langsung fresh kalo abis blokwalking, nambah temen jugak ;)

      Hapus