Jumat, 28 Oktober 2016

Jalan-jalan ke Rimba Baca




Beberapa hari lalu, teman sekolah saya yang tinggal di Solo datang ke Jakarta. Tiap ke Jakarta memang kami selalu menyempatkan untuk jalan-jalan membawa anak-anak. Ya minimal ketemuan walaupun cuma di rumah aja yang penting bisa ngerumpi lah yaa. Kala itu kita memutuskan untuk berkunjung ke Rimba Baca di Cilandak. Ya tujuan ketemuan sebenarnya kan emang buat ngobrol yaa.. jadi kita cari tempat yg nyaman buat anak-anak biar emak-emaknya bebas ngobrol dan terlebih lagi saat itu sedang musim hujan.


Jadi main di playground outdor atau renang sudah kita blacklist jauh-jauh hari. Okeeh akhirnya kita putuskan hari minggu ke tempat yg udah direncanakan. Lokasinya sih nggak jauh dr rs. Fatmawati. Htm juga murah. Yang bayar cuma anaknya aja. Hari biasa 25rb. sementara weekend 30rb. nah kalau mau pinjam buku kita harus jadi member dulu. dengan harga 300rb an.

Lokasinya memang agak susah untuk parkir mobil ketika weekend. krn bentuk bangunannya persis seperti hunian tempat tinggal. Kita pun sampe muter2 dua kali karena nggak ada sign yang jelas menunjukan si Rimba Baca ini. sama kayak masuk perumahan biasa.



Masuk rimba baca kita disambut sama resepsionist depan pintu. Disampingnya ada ruang tamu kecil lengkap dengan tempat majalah dan tempat jualan snack. ada lemari pendingin juga yang isinya tentu di jual juga. Tempat ini diperuntukan untuk ruang tunggu dan juga yang ingin minum atau makan. karena masuk area perpustakaan tidak di perkenankan makann dan minum.




Masuk ruang tengah, yaitu area perpustakaan anak. ada 2 sisi rak besar yg isinya buku-buku impor. bukunya bagus-bagus banget. rak- rak tersebut dikelompokan berdasarkan umur. saya nggak detail satu persatu karena selain merhatiin anak saya juga sibuk ngobrol dan foto-foto hahaha. Karena rak nya besar dan tinggi, untuk mencari buku yang berada di atas ada tangga kecil yang bisa digunakan. Abel senang naik tangga itu karena buku tentang mobil dan Mc Queen kesukaannya ada di bagian atas.




Tepat disamping di ruang tengah, ada lahan sisa untuk kolam kura-kura. kita boleh keluar dan lihat langsung kura-kuranya. ada akuarium kecil juga di sudut ruangan terbuka itu. Selain ruang tengah ada Art Room. isinya ruangan untuk melukis dan mewarnai. Ber Ac dan lengkap dengan kursi serta meja untuk mewarnai. Di dalamnya di lenkapi dengan apron agar baju si kecil tidak kotor. Di pojok ruangan terdapat rak yang isinya media untuk melukis serta mewarnai. Seperti pensil warna, krayon, cat air, kuas serta kertas bergambar yang siap untuk di beri warna.








Selesai mewarnai hasilnya bisa di pajang di dinding deh hehe. ruangan lain yg masih berada di lantai dasar yaitu rest room. Isinya tempat tidur anak beserta meja kecil. Mungkin fungsinya tempat istirahat untuk si kecil ya. Tempat ini juga biasa dipakai untuk shalat loh. Oiya ruangan ini berdekatan dengan wastafel dan toilet. Toiletnya juga bersih.Lantai 2 adalah perpus dewasa. Saya nggak sempat foto-foto atau melihat buku-buku di atas karena hari itu ada playdate para bayi2 di lantai 2. Tapi tempatnya cozy bgt. Nggak seluas lantai 1 sih. tp di atas ada tempat bersantai dan komputer.




Sepertinya sih tidak ada batasan waktu disana. Ya sebetahnya aja kayaknya. Anak-anak sempat makan bekal dulu jam 12 siang. Selesai dzuhur kita balik kanan karena sudah mendung dan takut kejebak macet.Saran saya sih bawa bekal bila waktu berkunjung mendekati makan siang. karena lokasi nggak dekat dengan tempat makan. dan disana hanya jual snack ringan seperti wafer, coklat dan susu kotak. Bawa pakaian ganti kalau sekiranya baju atau celana kena cat air. walaupun sudah pakai apron tapi tetetp aja belepotan.

Rimba Baca:

Alamat: Jl RSPP No 21B, Jakarta Selatan
Telp: (021) 7664517
Email: rimba.baca@gmail.com
Twitter: @RimbaBaca

Sekian dulu cerita jalan-jalan kali ini. Semoga bermanfaat yaa 😊


Regards,


2 komentar:

  1. seru pstinya ya mak jln2 sm tmn sekolah duluk, duh jd kgn tmn2 sma, haha,
    btw tmpatnya, rimbaa baca, asyik ya mak, anak2 keliatannya pd betah gitu,

    BalasHapus
  2. Serunyaaaa!

    Aku udah masukin ke list nih kalo ke Depok mau melipir ke Rimba Baca ��

    BalasHapus