Minggu, 13 Oktober 2013

My Breastfeeding Story (part - 1)

Semua ibu pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya dong, termasuk ASI, saking gw bercita-cita untuk kasih ASI ekslusif untuk abel semenjak hamil udah rajin minum air rebusan kacang ijo, makan sayur mayur, kacang-kacang-an, massage payudara. dan gak hanya itu, sampe browsing cara perlekatan menyusui yang bener, posisi menyusui, makanan yang bisa bikin asi lancar, sampe follow beberapa akun twitter tentang asi, beli buku asi dan lain sebagainya, makanya dikepala ini udah ngelotok banget, cara nyimpen asi bagemana, cara merah asi gimana, dll (sampe ngumpulin video di youtube) hahaha ya itu lah drama ibu baru :)

Dan ke khawatiran terbesar gw adalah, ntr anak gw bisa nyusuin gak ya, gw inverted nipple gini (puting datar/tidak keluar), menurut cerita hasil-hasil browsing kebanyakan yang punya inverted nipple bayinya susah nyusu, tapii bukan berarti gak bisa, harus lebih ekstra belajar sepertinya,, fiuuuhh... dan hari itu pun tiba, begini ceritanya..

Lanjutan dari postingan gw sebelumnya, 6 jam setelah proses IMD Akhirnya Abelku yang ganteng berambut tebal itu di anter ke kamar perawatan,, itu hari pertama kali abel belajar menyusui langsung sama gw, dan ketakutan terbesar gw pun terjadi, kata orang anak lelaki itu gak sabaran, nyusunya banyak, huaaaah pas suster udah nyeting posisi menyusui yang bener, (dada dan dagu bayi menempel ke ibu )

seperti ini posisinya


seketia itu juga mulut abel mencari-cari puting susu ibunya, mulutnya mangap-mangap mencari, beberapa kali menangkap puting gw tapi selalu terlepas ketika dihisap, sampe akhirnya gw dan abel berdua sama-sama mandi keringet,, huaaaah abel masih belom nangis loh, dia masih semangat buat belajar menghisap puting ibu nya yang unik itu, sampe akhirnya pindah posisi, ke payudara kanan, hasilnya pun sama, belom berhasil.. hiks, abel nangis histeris, gw mulai gak kuat denger tangisannya, kamu haus ya bel, capek ya nak belajar nyusu sama mama ya, maafin mama ya sayang.. huuhuu rasa bersalah di pikiran ini campur aduk, rasanya gak bisa ngasih asi ke abel tuh berasa jadi ibu yang... entah laah ,, setress banget waktu itu.. 

Karena abel dirawat di kamar gw bersamaan, tiap 2 jam suster masuk untuk bantu gw nyusuin abel, hasilnya pun gak jauh beda, di akhiri dengan tangisannya yang mebahana badai. Banyak keluarga yang mencibir karna gw nggak bisa nyusuin, dibilang ini itu lah,, untung gw berada di tempat yang tepat, dapet dokter anak yang tepat, yup dr elizabeth Yohmi SpA, dia juga Konsultan Laktasi di RS Carolus Salemba. tiap hari dia visit ke kamar gw dan selalu menguatkan gw untuk gak tergiur sama sufor, ASi itu caran emas, bayi baru lahir kuat 72 jam tanpa asupan, karena masih punya cadangan makanan dari waktu dalam kandungan, diapun menjelaskan besarnya lambung bayi baru lahir itu cuma sebesar kelereng, kebayang kan dengan disendokin kolostrum gw yang cuma 10cc itu dia udah bisa kenyang!! suster2 disana jg selalu nyemangatin gw untuk terus pompas asi gw yg waktu itu masih bentuk colostrum dan di sendokin ke abel (dibantu suster),, 

Ini dia si colostrum di hari pertama kelahiran anakku, cuma 10 ml, tapi sangat berarti :)

Berikut ini tabel kandungan ASI pada komposisi kolostrum dan ASI matur (ASI matang, keluar setelah minggu ke-3)

Kandungan (per 100 mL)    Kolostrum    ASI Matur
Energi (kkal)                       58                70
Laktosa (gr)                        5,3               7,3
Protein Total (gr)                2,3               0,9
IgA (mg)                             364              142
Lemak (gr)                          2,9               4,2
Vitamin A (µg)                    89                 67
Vitamin D (µg)                    -                   0,05
Vitamin E (µg)                    1280             315
Vitamin K (µg)                    0,23              0,21
Thiamin (µg)                      15                 21
Riboflavin (µg)                    25                35
Niacin (µg)                         75                 150
Asam Folat (µg)                  -                   8,5
Vitamin B6 (µg)                  12                 93
Vitamin B12 (ng)                200               26
Vitamin C (mg)                   4,4               4,0
Kalsium (mg)                      23                28
Natrium (mg)                      48                18
Kalium (mg)                        74                58
Fosfor (mg)                         14                15
Zat Besi (µg)                        45                40
Selenium (µg)                      -                  2,0
Magnesium (µg)                  -                  0,6
Zinc (µg)                             540              120

Untung aja orang tua dan suami mendukung niat baik gw, dia percaya sama rumah sakit dan dokter yang memang pro asi, jadi kita manut aja.. cuma ya mau gimana ya namanya denger tangisan anak sendiri dengan mulut2 nyari puting susu tapi ga dapet2 itu rasanya kayak di beset-beset silet huaaaa T_T . 72 jam sudah abel tanpa asupan, hari itu dokter cantik itu pun visit ke ruangan gw lumayan pagi, di dampingi sama suster2 di berdua bisik-bisik, dan akhirnya dokter itu pun nyampein ke gw, " ibu, bayinya sehat sekali nih, bagus, hasil cek lab nya bagus semua, bilirubinnya juga oke, bayi nya masih belum bisa nyusu juga yah,, hmmm dalam 24 jam kita pantau ternyata bayi ibu gak pipis,, what?? badannya juga agak demam, kita bawa dulu ya ke ruang bayi.. pas abel di bawa sama suster, dokter yang merangkap sebagai konsultan laktasi itu pun bilang, " bu, saya seneng denger ibu mau kasih asi ekslusif ke adek bayi, tapi ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, bayi bisa bertahan hingga 72 jam tanpa asupan, tapi kalau berat badan bayi sudah menurun 10-30% dari berat lahir, demam karena dehidrasi setelah 72 jam, saya memberikan 2 pilihan ibu bisa cari donor asi, atau dengan sangat terpaksa di berikan susu formula atas persetujuan ibu dan suami (ada perjanjian tertulis) tapi menggunakan sendok agar tidak terjadi bingung puting dan bayi masih dapat menyusu setelah asi ibu benar-benar keluar. kalo sudah berunding nanti kasih tau susternya aja ya, biar dibuatkan surat perjanjiannya." 

Dari kata-kata dokter cantik itupun bisa di gambarkan kan kondisi abel bahwa beratnya sudah turun antara 10-30% dr berat lahir, sampe akhirnya dehidrasi maka gw dengan suami pun sepakat untuk memberikan susu formula sebagai pertolongan pertama. kenapa gak asi donor ka? begini, untuk mencari asi donor dengan kondisi mendesak seperti itu kayaknya gak mungkin. siapa yang mau ngasih asip nya dengan waktu yang super mepet kayak gitu? siapa yg mau jemput anter asipnya? apakah orang yang mau kasih asip itu sudah benar-benar terbebas dari penyakit menular? trus diantara list teman gw pun gak punya bayi laki-laki yang umurnya gak jauh dengan abel. apa mungkin gw minta dnor asip ke orang yang belum gw kenal untuk anak gw yang baru lahir? gimana kandungan asipnya? punya penyakit tertentu nggak? kalaupun dapet donor asip, pihak rumah sakit harus melakukan screening atau strerilisasi asi donor kurleb 4 jam, karena pihak rumah sakit tidak mau bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu setelah diberikan asip donor dari luar.. keluarga pun tabu dengan istilah "donor asi" kebayang kan kata-kata apa yang di lontarkan sama keluarga ketika muncul opsi ini? ,terlalu berat resikonya untuk gw memilih opsi asi donor saat itu, sedangkan anak gw sedang dehidrasi dan butuh asupan segera. kalau yang baca ini seorang ibu, what should you do? sama dengan keputusan gw toh? 

Akhirnya surat perjanian itu pun di bawa sama suster , isi nya tentang "kesepakatan pemberian susu formula karena Indikasi medis (bayi sudah 72 jam tanpa asupan, dehidrasi dan berat turun) , dan bukan anjuran rumah sakit , melainkan keputusan dari orang tua si bayi dan telah di diskusikan dengan dokter spesialis anak"  
setelah membaca isi perjanjian dengan seksama, gw dan suami pun tanda tangan serta si dokter tadi. Merasa bersalah nggak ka ngasih sufor? nggak dong :) semua ibu punya pilihan terbaik untuk anaknya, toh semua sudah berjalan sesuai prosedur, gak semata-mata karena asi belom keluar trus langsung kasih gitu aja kan. 

Walaupun abel harus dibantu susu forumula, tapi suster selalu dateng untuk ambil asi hasil perahan gw dan di sendokin ke abel, jadi abel disendokin asi gw dulu, abis itu baru susu formula jika kurang :) syukur alhamdulillah abel udah nggak dehidrasi lagi,, kecemasan pun berkurang . Alhamdulillah

Ini hasil perahan Asi di hari ke-3, lumayan udah dapet 20cc wlpn harus pumping 1 jam :))


*Next : My breastfeeding Story -part 2 ( baby blues sydrome)









3 komentar:

  1. Mba errika.. mau tanya.. saat 3hri itu mba pumpingnya pake tangan atau alat pumping mba?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Haii mbak, maaf baru balas ya, semoga belum telat. waktu hasil pumping di hari ke 3 itu masih menggunakan breastpump milik rs mba.

    BalasHapus