Sabtu, 26 Desember 2015

Persiapan MPASI Abel

Ini postingan udah hampir bulukan kali yah haha. eniwey persiapan MPASI abel sebetulnya udah gw persiapkan dari jauh-jauh hari sebelum abel waktunya makan tepatnya dari abel usia 3 bulan, gw udah mulai rempong cari-cari informasi trus compare sana sini, jangan sampe laper mata kebeli ini itu, nanya kanan kiri , dari mulai ikut forum HHBF (Home Healthy Baby Food),MPASI rumahan,  trus akun2 lain tentang MPASI rumahan, searching resep untuk 6-12 bulan, beli buku di gramed sampe ikutan seminar kilat dari Aimi Asi ttg MPASI. Nah sebelumnya gw mau kasih tau dulu peralatan tempur untuk MPASI rumahan si abel.

Supaya gak mubadzir dan buang2 uang, akhirnya gw memberdayakan semua peralatan memasak yang ada di dapur, gak perlu beli khusus untuk semua alat, karena di dapur udah ada, oiya hasil pemberian alias kado pasca melahirkan pun ternyata banyak yang baru bisa digunakan ketika MPASI loh. lumayan hampir 50% peralatan tempur udah dapet dari hasil kado,, horeee makasi yang udah ngadoin ya, bermanfaat sekali. *cium* intinya gw gak mau ekstra lebay beli yang mahal tp memang kepake cuma 6 bulan, karena makin besar si anak makanannya sudah makanan keluarga. jadi yang dipake juga udah peralatan dapur sesungguhnya :D

Peralatan tempur persiapan MPASI rumahan ala mama abel :p

1. Feeding Set


untuk feedding set gw gak beli sama sekali, dapet dari kado. hehe.. berguna banget sampe si anak toddler. sekarang abel udah minum dari gelas yang ujungnya sedotan,, semua stuff udah kepake semua nih. 

2. Sauce pan dengan tutup kaca

Nah ini dia si panci serbaguna, ngebubur dan ngetim disini semua. Ini sih udah ada didapur, panci buat masak mie juga bisa kok, asal bertutup ya, dan kalo bisa di pisah antara panci buat bayi dan panci untuk masak2 makanan keluarga lain.
gw memang gak pake slow cooker untuk memasak makanan abel, semua gw lakukan dengan si panci serbaguna ini dan si panci pengukus.. gw kerjain pagi hari, sebelum berangkat kerja, kira2 pukul 5 pagi dan beres sekitar pukul setengah 7. sebetulnya gw punya multi cooker hadiah kado pernikahan dari teman, tapi kecilnya gak ketulungan hahaha, cuma buat bubur sekali makan kali ya,walaupun proses memasaknya gak se lama slow cooker tp tetep aja nggak praktis (menurut gw), gimana kalo slowcooker ya *ngebayangin* udah mana kecil betil, memang kl pake sc masaknya harus dari malem (namanya juga slow), tapi untuk seorang gw, gak mungkin untuk masak malem2 dan ninggalin panci dalam keadaan nyolok, takut ada yang gak matang ujung2nya masak dua kali. hihihi. bandingin kalo ngebubur di sauce pan yang cuma kurleb 45 menit :p


ini dia penampakan multi cooker hadiah kado perkawinan, masih rapet tersimpan :p 


3. food maker

Food maker gunanya buat bikin makanan secara manual, disana lengkap ada, parutan , saringan, cawannya, serta pemeras jeruk, sejauh ini semua stuff yang ada disini hampir kepake semua kecuali yang ulekan kayu. gunanya sih buat menghaluskan kalau gak ada blender. tapi masih ada jalan menuju roma kalesss, ngulek pake tongkat kecil gitu kapan alusnya buk, hihihi bisa dilumatkan pake sendok atau bisa pake grinder yang lebih canggih lagi.. hehe. hoiyah foodmaker pigeon ini juga gw nggak beli, lagi lagi dapet dari kado hohooho.

4. Panci untuk mengukus

semua bahan makanan abel di kukus di panci ini. ini emang udah tersedia di dapur jadi tinggal pake, sukur2 bisa punya yang bertingkat gini jadi bisa ngukus ikan2an dan sayur2an bersamaan. ringkes.

5. Blender



Kalo blender sih, siapa yang nggak punya ya, ini berfungsi banget apalagi dalam tahap awal2 mpasi, hampir semua makanan di blender. jus, pure dsb. kalo untuk blender wlpn udah punya di rumah, tapi untuk tempat kacanya itu kalau bisa di khususkan untuk si bayi, kan kalo nyampur sama blenderan cabe kasian juga hihihii.





6. saringan santan (jaringan halus) dan Saringan kawat (jaring kasar)



kalo yang ini gak perlu di jelasin lagi ya fungsinya, ya pasti buat nyaring, namanya juga saringan hihi. trus kenapa dibedain ka antara jaring halus sama jaring kawat? begini, pas awal2 mpasi kan makanan si bayi masih berbentuk bubur lembut cenderung cair, jadi untuk mendapatkan tekstur lebut tidak berampas ya pake yg saringan santen. kalo sudah mulai bertekstur agak kental bisa pakai yang jaring kawat. besar lobangnya kan keliatan jelas beda yah. gak perlu nyari jauh2 sampe ke ace hardware, di tukang perabot 10rb tiga juga numpuk iihihi.




7. Botol sendok dan squirt



Ini salah satu stuff andalan pas awal MPASI, ringkes, bubur saring, jus, sari buah semua masuk sini, khususnya kalo lagi pergi ke mall atau keluar rumah, gak perlu ribet megang mangkok dan sendok, tinggal pencet.. si ujung sendoknya juga lembut dan lentur jadi aman kalau di gigit si bayi. oiya squirt ini ga ada tutupnya kalo ngga salah. jadi agak repot kl pas makan di luar rumah (traveling) gak langsung habis. tapi kalo botol sendok kayak pigeon atau puku dsb kn ada tutupnya, jadi kl gak langsung habis bisa di amankan dulu. di seluruh toko bayi pasti jual ini. gampang bgt nyarinya. 

ini squirt nya dari boon squirt, harganya antara 90-150



Botol sendok bertutup, ini lebih aman. harganya 25-50an

9. Food container



Semua udah tau fungsi ini, buat naruh makanan, baik makanan yang sudah jadi atau mau di simpen di kulkas, tentunya yang anti tumpah ya, apalagi awal2 makanan si bayi bentuknya masih cair. jadi kalo di bawa traveling aman. gw pake berbagai merek, dari tupperware, ikea dan lock n lock. 



10. Talenan kecil, pisau.


kalau bisa untuk si bayi, jangan lupa di pisahkan ya untuk pisau dan talenannya.




12. pengaduk nasi dan centong
13. feeding spoon n dish


13. Sassy teething feeder




ini fungsinya untuk makan finger food, baik buah potong atau sayuran rebus, ini juga dapet dari kado sih hihihi tapi pada akhirnya abel nggak mau pake ini, baru pertama kali nyoba udah ueeek alias eneg, ya kayak kita aja deh ngisep kain walaupun ada rasanya tetep aja gak nyaman, dia malah lebih seneng makan buahnya langsung, tanpa media apaapun, justru malah lebih bagus katanya, belajar blw atau baby lead weaning, masukin makanan ke mulutnya langsung, trus di gigit dan dikunyah. banyak yg bilang takut kesedak karena kegedan gigitnya, tapi kalau di biasakan lama2 sibayi pinter ngatur porsi gigitannya dan ngunyah lebih lama untuk bisa ditelan :) kalau awal2 makan sebaiknya di awasi, makanannya di arahkan oleh kita, jadi besar kecilnya gigitan bisa di liat.

14. dish dryer (penaruh peralatan makan)

ini mereknya beragam, ada yg murah ada yang mahal. tinggal pilih. oiya ini juga bisa pake rak piring kecil yang biasa kok, cuma berhubung dirumah gw orangnya banyak, jadi barang-barang abel banyak yg berceceran disana sini. kalo bertutup gini kayaknya lebih aman.


15. Slaber


istilah kita namanya celemek, sebetullnya ini juga hasil kado, dan jujur gw gak beli sama sekali untuk slaber, soalnya kalo dirumah gw pake popok bekas abel bayi hihihi,, kalo mau keluar rumah baru deh pake slaber yang bergambar karakter gitu.



16. kumpulan resep.



Resep-resep ini adalah bagian yang paling duluan gw kumpulin pas persiapan MPASI abel, mulai dari download sana sini, trus beli buku di gramed, sampe dapet lungsuran dari tante hehehe.. oiya kalau menu abel gw sengaja gak bikin per bulan kayak di grup2 itu, jadi gw cukup kumpulin resep di bagi per bulannya, jadi tiap minggu kita tinggal liat mau bikin apa, trus baru deh cari bahannya, kalo udah dapet bahannya baru di list. karena nggak semua bahan yang ada diresep itu di jual di supermarket, ada yang mesti nyari di pasar tradisional bahkan beli online.

nah kalau gw modelnya belanja seminggu sekali, karena buah dan sayuran kan gak mungkin terlalu lama dikulkas, bisa layu dan kempos :)) sesekali intip rsep buat panduan beli sayuran, kadang beli di supermarket atau di tukan sayur biasa, jadi bikin list menu makanan sesuai sama bahan makanan yangg ada, gak terpaku sama resep yang udah di list secara keseluruhan. 

makin kesini makim males bikin list menu mingguan, hahaha jadi tiap malem sebelum tidur gw ubek2 kulkas ada bahan apa aja, nah besok pagi tinggal diolah deh sesuai yang ada di dalem kulkas hihihi. jadi kalo belanja ya belanja aja se adanya di pasar atau di carefour. ntr tinggal intip resep yang bahannya tersedia di kulkas, beres :))
beberapa buku yang di beli di gramed :









nah kalo yang ini hasil dari download sana sini dan ngutip dari grup mpasi rumahan.:





17. doidy cup


Gelas ini fungsinya untuk latihan minum si bayi biar bisa minum pake gelas, dilihat dari designnya gelasnya dibuat miring jadi keliatan mocongnya miring kedepan heheh karne miring itulah jadi si bayi gak perlu melongokkan kepalanya, trus kepalanya gak pelu maju mundur segala, kan ada gagangnya tuh itu juga biar si bayi bisa pegang gelasnya sendiri, kan sebetulnya dari usia 3 bulan bayi tuh udah bisa pegang gelas bergagang sendiri, nah setelah 6 bulan harus dilatih minum pake cangkir atau gelas. katanya sih pake doidy cup ini juga bisa di gunakan sebagai terapi bicara loh, dan juga memudahkan untuk disapih nantinya karena menggunakan gelas dapat mengontrol bibir dan lidah anak serta menentukan kcepatan dan kuantitas air yang dia butuhkan si bayi sendiri.


18. Parutan




19. Grinder
Grinder ini ibarat hand blender manual, bentuknya kecil praktis dibersihkan. benda in pas banget buat di pake traveling loh, untuk bikin pure dan jus dalan jumlah sedikit. kalo pake blender kan kayaknya males tuh bersihin secara jus atau pure yg dibikin cuma secomot atau sekali makan, nah alat ini cocok banget untuk bikin dalam jumlah sedikit. 

20. Kursi makan.




Oiyaa seharusnya posting ini gw taro di atas ya, hahaha. Tanda-tanda  anak siap makan itu adalah, 1. sudah bisa duduk dengan tegak, 2. kalau melihat orang makan dia kecap kecap 3. terlihat kelaparan. jadi intinya kalau makan itu ya harus duduk, secara teori duduk itu di kursi makan, tapi kalau gak ada kursi makan gimana? ya boleh duduk di mana aja, bisa di tempat duduk yang lain, di playmat nya dia, di karpet, ya yang penting duduk kan.. ehehe. pas awal mpasi abel gw udah cari-cari beberpa highchair untuk abel, sempat survei ke itc kuningan dan ternyata unit yang di incar lagi kosong, karena emang itu barang model lama. searching sana sini ternyata itu barang ada di mangga dua, duuuh jauh aja, karna waktunya mepet, ya udah pake dulu deh se adanya. daaan keterusan hihihi, abelnya seneng banget makan di bouncher, trus sempat mau sewa dan trial dulu, lucky me abel gak betah duduk di HC ahahah, ya udah deh sampe 8 bln abel makan bouncher dilanjutin makan di karpet setelah bisa duduk sendiri trus makan duduk di sepedanya deh.. 

21. Tempat naruh kaldu. 

Kalo ini bisa pake cube yang ada di online shop itu, tapi kalo gw awalnya pake cetakan es bertutup kayak gini, karena intensitas pake kaldu masih jarang, lama-lama karna sering pake kaldu dan bikinnya se panci, atas ide ni neneknya abel di taro di plastik kiloan aja hahaha, ati2 ketuker sama es batu ya.




Segini dulu edisi persiapannya, lanjut di MPASI perdana abel ya .. 

Regards

Errika














































1 komentar:

  1. Jual kaki/ceker ayam kampung asli untuk bayi dan kesehatan [frozen] sejak 2009.
    Sangat terjamin kampung asli alias tidak campur negeri.
    Pemesanan minimal 50 pasang (100 pcs), sudah dibersihkan.

    Harga kaki ayam 100 pcs+ ongkir kurir
    Rp 205.000

    Ongkos kirim jakut, jakbar, jakpus, tangerang.
    Diluar area diatas beda ongkos.

    Stok setiap minggu selalu baru

    BB 23b8120f Nani (Fast response)
    Sms/Wechat/WA 0818644798
    IG #mpasicekerayamkampung

    BalasHapus