Sabtu, 26 Desember 2015

Drama Breastpums

Mendekati masuk waktu kerja setelah cuti melahirkan, drama masih berlangsung. Drama breastpump. Yup breastpump atau pompa asi menjadi salah satu topik yg paling gw cari ketika galau mencari breastpum yg cocok waktu itu. Selama ini (ketika masih cuti) gw pake breastpump merek chicco manual, lalu unimom mezo manual dan medela mini electrik. Ini review dan drama yg terjadi..


1. Chicco Manual Breastpump. 
Waktu usia kandungan 8bln udh mulai cari breastpump. Breastpump yg di incer saat itu adalah merek medela harmoni. Mesen dan cari2 ke toko bayi terdekat udah.tp emg dr distributornya kosong. Sampe akhirnya nyari di toko audrey cemas pun tetep kosong. Ehh akhirnya ibu mertua beliin merek chicco ini. Harganya sama persis sama si harmoni. 



Plus : 
1. Corong nya pas di pyd. Kalau tanpa karet asinya malah gak tumpah. 
2. Tempat keluar asi dari pompa bukan pake membran spt medela. Tp dr karet biasa. Jd ga takut sobek. cuma memang kadang suka terlepas kalo nggak ngepas masangnya.
3. Ada konektor untuk mulut botol. Jadi bisa pake botol yg wide neck (botol besar) bs pake yg ukuran botol standar.
4. Ada pengaturan level daya hisap. Slow, medium, fast.



Minus:
1. Pompanya gede bangeeet. Untuk yg telapak tanganny kecil kayak gw, rada nyiksa juga kl pump sejam lebih. Bikin tangan perih.
2. Tuasnya keras. Yuhuuu mesti pake 2 tangan biar mompanya cepet.
3. Lempengan besi antara tuas dan pompa nya gampang patah. Terbukti udah 2 kali ganti besinya.. (terlalu bersemangat kayaknya gw .-.)
4. Karet untuk corongnya longgar bgt. Kalo maksain pake karet di corong asinya malah meleber kemana-mana.. 
5. Karena manual ya jelas waktu pump jauh lebih lama. 
6. Daya hisap kurang kenceng. Kecuali lepas karet yg di corongnya. Itupun kl pake dua tangan di tuas.
7. Capek bin pegel ciinn..

Tapi ya karna gak punya pompaan lain. Chicco ini benar-benar maksimal gw pakai. Dan lumayan membantu gw pas lagi kondisi kritis asi di awal kelahiran abel.


2. Unimon mezoo manual 
Waktu lempengan besi di tuas chicco patah untuk yang ke dua kalinya, Dengan sangat terpaksa harus masuk ke bengkel lagi. Huuh prosesnya lama. Kata salesnya kurleb 2 minggu. Tp kenyataanya 1 bulanan. Huiiih kebayang dong sebulan ga ada si breastpump. Krn proses pumping harus terus jalan. Akhirnya gw belajarlah teknik marmet (memerah pake tangan) jelassss hasil perahan berkurang drastis. Emang karena belum biasa dan tekniknya juga masih belum pas. Tp lama2 udah tau celahnya dan hasilnya sama kayak pake breastpump. Malah kadang lebih banyak. Biasa pk breastpump 150cc. Kl marmet bisa 180-200 cc.. hehee itu kalo lagi mood bagus yah. Ehh ngga ada angin ga ada ujan tau-tau dapet rejeki. Ada yang ngadoin breastpump. Mereknya unimom mezo manual. Ya wlpn dapetnya manual lagi tapi gw berharap kali ini nggak se "gempor" si chicco kemaren. Huuuh senengnya bukan main deh pokoknya. Disaat lagi butuh banget breastpump untuk kejar stok asip. Oke ini plus minusnya..

Plus (+) : 
1. Ukuran pompanya kecil banget, jadi kalo ke kantor gak perlu bawa cooler bag segede bagong. 
2. Ringan banget, soalnya terbuat dari full plastik.
3. tuasnya lembut. jadi nggak gempor mesti pake 2 tangan wkwkwkw
4. nggak berisik. hening bin sepi deh kalo pumping pake si mezoo ini hihi.

Minus :
1. Gak ada pengaturan daya hisapnya.
2. daya hisapnya lemaaah banget, jujur kalo abis pump pake ini pyd harus di kosongin lagi pake marmet (pake tangan). ribet bukan? 
3. Nggak ada konektor untuk botol ukuran lain. jadi ya cuma bisa pk botol yang ukulan mulut botolnya standar.
4. karet bagian atas tuasnya ini, sering banget kemasukan asi ketika LDR tiba, kalo asi masuk ke karet ini, daya hisap makin lemah. jadi beberapa menit pump harus jeda untuk bersihin asi yang masuk ke lubang karet atas. biasanya gw lap pake tissue.
6. karet untuk di corongnya cepet melar, baru di streril 1 kali, udah gak bisa ngepas sama corongnya.. huuuuh.

tapi overall mezoo cukup membantu gw pas awal-awal masuk kerja. karena pump ini manual jadi gw bisa pump dimana aja. di kantor emang gak ada ruang khusus apalagi nursing room. jadi gak perlu pusing sama colokan listrik. cukup di toilet (not recomended) atau pake nursing cover kl udah darurat.

3.Medela Mini Electric

Setelah huru hara pump dengan breastpump manual. kayaknya bakalan lebih praktis kalo punya yang elektrik. khususnya sih dalam hal waktu pompa , di kantor, gw bisa pump 3-4 kali. banyak banget? iya soalnya emang banyak waktu luang. tiap low kerjaan gw selalu pump. nah kalo sering pump gini sangat amat tidak efektif kalo tiap pump gw menghabiskan waktu 1 jam buat 1 sesi pump. hueeeeh bisa-bisa dikantor kerjaan gw cuma pump doang kkkkk. akhirnya pilihan jatuh ke si medela minel yang imut-imut kayak marmut.. ini dia suka-dukanya :D

Plus (+) :
1. Karena elektrik. ya waktu pump jauh lebih cepet pastinya.
2. Hemat Tenaga, soalnya di sedotin ama mesin kkkkk.
3. Bentuknya mini, jadi gampang masuk tas.
4. Ada pengaturan level daya hisap. lemah, sedang, kuat
5. Daya hisap cukup kuat, terutama kalau pake adaptor langsung.
6. Hampir sama dengan breastpump lain, punya dudukan untuk botolnya.
7. kalau nggak bawa batere, atau batere habis, atau mau hemat batere, bisa langsung nyolok adaptor aja tanpa harus di isi batere.
8. Corong medela ada beberapa ukuran, pas belinya sih dapet yang ukuran standar, tapi bisa beli ukuran lain di medela store.
9. Karena ini merek cukup ternama, jadi sparepartnya mudah didapet. store resmi di jakarta juga ada. jd gak perlu melalui si sales atau si toko tempat kita beli. bs langsung dateng selama masih nyimpen kartu garansi resmi.

Minus (-):
1. Berisik, suaranya mirip kayak mesin pemotong rumput.. ahahaha, kalo lagi pump, orang yang lewat dari luar pasti denger suara si minel ini.
2. Saluran ASI yang keluar dari pompa menuju botol pake membran tipis, harus hati2 banget treatment nya soalnya gampang sobek dan copot.
3. harus bawa batere cadangan full kemana-mana. soalnya colokan listrik nggak selalu ada. trus gmn kalo mati lampu, atau harus pump di tempat lain.
4. kalo pump pake batere aja daya hisapnya kurang kuat, jauh beda kalo colok pake adaptor. mungkin pengaruh isi dari batere juga sih, kalo baterenya baru di isi full daya hisapnya lumayan lah.
5.banyak part2 kecil yang harus hati2. pas nyopotin mau di steril jadi harus benar-benar hati hati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar