Rabu, 15 Januari 2014

MPASI Perdana Abel


yeeey akhirnya sampai juga di fase ini,, abel boleh makaaaaannnn ;) sebelum abel boleh makan rasanya gak sabar mau bikin ini itu, resep segambreng udah di tangan dan cant wait any longer buat praktekin dan pake semua feeding stuff,,

Makanan pertama abel yaitu bubur asi. kenapa bubur asi? kenapa ngga buah? mau buah mau bubur sih suka-suka emaknya yah,, kalo gw pilih bubur susu karena yang namanya makanan itu ya karbo,, karbo dari tepung tingkat alergennya paling rendah jadi paling aman, di kasih asi karena selama 6 bulan kan dia cuma tau rasa asi, biar gak kaget. jadi rasa asinya dominan. selama 3 hari pertama mpasi abel, sengaja aku tambahin ASIP sebagai pengencer selanjutnya pakai air mateng aja biar dia kenal rasa asli makanannya.



aku lagi mam bubur asi nih, enak lhoo,, :)

Ini beberapa puree buah di minggu pertama MPASI Abel 

  • Puree Kabocha ASIP



Bahan : 
1. kabocha kuning secukupnya
2. ASIP

Cara buat : 
Kabocha dikupas kulitnya, kukus, lumatkan. encerkan dengan asip, kekentalannya di atur sesuai kemampuan bayi. 

  • Puree Avocado ASIP



Bahan :
1. Alpukat mentega setengah bagian
2. ASIP

Cara buat : 
kerok alpukat, lumatkan dengan saringan. encerkan dengan asip, kekentalan disesuaikan dengan kemampuan bayi.

  • Puree avocado with orange baby



Bahan : 
1. Alpukat mentega setengah bagian
2. jeruk baby 1 buah ( ambil air nya)

cara buat :
kerok alpukat, lumatkan dengan saringan. lalu encerkan dengan air jeruk baby. sajikan.

  • Puree sweet corn with carrot



Bahan : 
1. Jagung manis 
2. wortel 1 buah

Cara Buat :
jagung manis di pipilkan, wotel kupas dan di potong kecil2, kukus bersamaan. lalu blender hingga halus. sajikan. 

  • Puree avocado with californian papaya 



















Bahan : 
1. Alpukat setengah bagian
2. pepaya california, 1 slice

Cara buat : 
1. alpukat di kerok lalu lumatkan dengan saringan. sisihkan,
2. pepaya california parut lalu di saring dengan saringan kawat. sisihkan
3. campurkan keduanya. sisihkan
Atau bisa juga di blender langsung. sajikan.


Oiya, 3 hari pertama aku cuma kasih bubur asi 1x aja, hari berikutnya kau udah mulai kasih puree buat seperti diatas untuk pagi hari, dan siang menjelang sore bubur asi. jadi hari ke -4 dst udah 2 kali makan.

selama makan di awal bulan ke 6 ini, nggak ada drama sama sekali, selalu habis dan selalu doyan, no lepeh, no sembur-sembur dan no emut-emut.. entah ini pengaruh yang nyuapin atau apa, karena selama bekerja gw nitipin abel ke neneknya. neneknya selalu kasih laporan yang membahagiakan tiap abis nyuapin abel. 

mulai minggu ke 2 aku udah mulai kombinasiin puree sayuran. sempat sih bikin puree sayuran mix buah, tapi rasanya kurang enak (menurut lidah gw) wlpn abel tetep habisin makanannya kekekeke.. oiya ketika gw mix sayuran sama buah, pup abel jadi rada keras, tapi bukan sembelit sih, jadi terpaksa di skip untuk mix sayuran dan buah sementara ini. oiya puree sayuran sudah mulai aku kasih kaldu daging dan kaldu ayam sebagai pengencer waktu di blend, supaya rasanya gurih. 

selama minggu ke 2 ini, setiap pagi di selang seling antara puree sayuran dengan puree buah, lalu siangnya tetap bubur tapi sudah mulai di campur dengan sayur mayur dan protein. 

daan sampailah di minggu ke 3, untuk sarapan masih dengan puree2an, tapii its time to say good by for bubur tepung, abel udah makan tim saring, alias nasi tim yang di haluskan. bahan makanan apa aja udah mulai aku campur disini, kecuali kacang2an. dari mulai tempe, oyong, bayam, kangkung, sawi, brokoli, jagung, telur puyuh, dll dan segala jenis ikan udah aku cemplungin di tim nya si abel ini (skip kacang2an karena alergi)

emaknya agak preman juga ngasih makan anak.. kakakaka.. tapi emang perut anaknya juga bandel,, apa aja masuk. ga pilih-pilih. 

untuk resep, nanti aku akan share beberapa resep yang udah pernah di coba dan di makan abel tentunya, bukan berdasarkan umur yah.. karena abel makan semua jenis makanan cuma tekstur dan porsinya yg berubah.. dan no gulgar tentunya ;) 


Regards,

Errika
























6 komentar:

  1. Mom untuk bubur asi masaknya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak agnes, salam kenal telat banget saya balesnya yah. kalo bubur asi yang saya masak waktu itu dari beras langsung, trus pas ngasih ke anakku kasih asi perah buah ngencerin lagi :)

      Hapus
  2. mbak, untuk bubur asi nya beli yg gasol atau bikin sendiri yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii mbak dian, untuk bubur putih aku bikin sendiri untuk variasi rasa dan karbonya akhirnya aku coba gasol juga hehe.

      Hapus