Senin, 25 Januari 2016

Membuat Paspor Online ( Januari 2016) Part 1

Assalamualaikum

Dengar kata paspor mungkin sudah kebayang, panjangnya antrian, harus datang dari subuh, proses yang ribet dan datang berkali-kali , bisa pakai calo atau tidak dan lain sebagainya. Tapiii sekarang bisa bikin paspor secara online lho, prosesnya cepat dan gak mengabiskan banyak waktu tanpa harus pakai jasa calo. kenapa saya tambahkan "2016" karena pasti ada perubahan prosedur atau aplikasi di setiap tahun, nah supaya nggak membingungkan pembaca saya pakai tahun kapan saya buat.

Jadi awal bulan ini kami membuat paspor secara online karena dibutuhkan untuk urusan suami saya, walaupun sistemnya online tetap saja kita harus datang ke imigrasi untuk sesi wawancara dan foto (untuk sesi saat di Imgrasi saya buat di page terpisah ya), dan juga pembayaran dilakukan saat ditengah-tengah proses online. Tapi, kemudahan sistem online ini baru kita rasakan saat mengantri di Imigrasi dan saat mengambil paspor yang sudah jadi nantinya. Betapa tidak, di saat antrian Walk In (langsung di tempat) panjang mengular, antrian Online kosong melompong. Intinya antrian nomor yang sudah mendaftar secara Online dan Walk in berbeda. Baiklah saya akan jelaskan step by step prosesnya. 

1. Kunjungi situs resmi Imigrasi 

Bisa langsung masuk ke link ini : https://ipass.imigrasi.go.id:9443/xpnet/faces/xpnet-main.xhtml  atau kunjungi situs imigrasi.go.id lalu klik Layanan Publik dan Pilih Paspor Online




2. Pilih Pra Permohonan Personal,



3. Dan akan muncul halaman seperti ini, kita masuk ke bagian Entry Data diri 




Pilih Jenis permohonan baru kalau belum pernah punya paspor sebelumnya, dan  Jenis Paspor pilih 48h (skrg pilihannya cuma 1 sih 48 halaman semua, dulu ada 24h khusus untuk TKI) trus pilih kantor imigrasi mana yang akan kita tuju. Pilih yang terdekat dengan lokasi kita. Karena saya sudah sering lewat imigrasi yang di warung buncit jd saya pilih yang jakarta selatan  saja. lalu klik lanjut.

3. Di halaman berikutnya kita isi data diri kita. disini untuk identitas dipilih salah satu (walaupun saat ke imigrasi semua identitas harus dibawa baik copy maupun asli), bisa KTP atau KK atau Akta kelahiran bagi yang belum mempunyai KTP. Saya pilih KTP sedangkan Abel Akta Kelahiran. Oiya untuk alamat email pastikan email anda masih aktif, untuk anak bisa pakai email orang tuanya, karena notifikasi konfirmasi akan di kirim ke inbox email yang kita tulis. Isi lengkap lalu klik lanjut.



4. Dihalaman berikutnya, adalah pengisian Alamat rumah dan kantor, untuk alamat kantor optional, boleh tidak di isi. Saya memilih tidak di isi (walaupun saya bekerja) pikir saya ini perjalanan pribadi bukan urusan dari kantor saya jadi tidak perlu. Setelah di isi lengkap, klik lanjut.



5. Selanjutnya kita masuk ke halaman pengisian halaman Alamat Orang Tua. Untuk Alamat lama bersifat optional , boleh di isi boleh tidak. lalu klik lanjut.


6. Selanjutnya kita masuk ke sesi Verifikasi Permohonan . Di halaman ini terdapat rincian Informasi pembayaran dan Konformasi Permohonan.. Terdiri dari Infromasi pemohon, Biaya permohonan Paspor dan Metode Pembayaran. Biaya yang dibutuhkan total Rp. 355.000. Saya pilih pembayaran melalui Teller BNI (hanya bank BNI saja tidak ada pilihan bank lain). melalui transfer ATM juga bisa, nanti disana ada pilihan pembayaran paspor. Menurut saya ini salah satu kekurangan sistemnya, namanya juga sistem online ya, kenapa juga harus bayar di teller atau ATM harusnya kan bisa bayar melalui Internet banking atau Mobile banking ya, tapi ya sudahlah, semoga kedepannya sistemnya jauh lebih baik. setelah semua benar, klik lanjut,





7. Halaman Selanjutnya adalah verivikasi Captcha, masukan kode  Captcha yang tertera, klink lanjut,



8. Setelah itu dihalaman berikutnya akan di perlihatkan tanggal yang Available untuk kita datang ke Imigrasi, yang warna Hijau. Disini hanya di perlihatkan saja, belum bisa di klik atau di pilih tanggal berapa, nanti setelah melakukan pembayaran baru bisa pilih tanggalnya. Setelah itu lalu masukkan kembali kode captcha yang tertera di layar. klik lanjut.


9. Dihalaman selanjutnya, adalah proses pembayaran, dihalaman ini  hanya ada notifikasi bahwa email konfirmasi telah dikirim di  kirim ke inbox alamat email yang kita masukan di awal.




10. Segera Cek Email, apabila telah menerima notifikasi dari imigrasi, print surat pengantar ke bank (apabila membayar melalui teller) ada di attchment. Lalu langsung lakukan pembayaran.




Untuk Konfirmasi pembayaran dan melanjutkan proses untuk pemilihan tanggal, bisa klik lanjut (apabila halaman web imigrasi sebelumnya belum di close) buka email notifikasi lagi lalu klink link yang diberikan, dan akan muncul halaman seperti ini . lalu klik lanjut.



11. Selanjutnya di halaman ini kita masukan KODE JURNAL yang tertera di bukti pembayaran BNI atau di struk transfer. cari saja tulisan JURNAL. masukan nomornya. lalu masukkan kode Captcha lagi, dan klik lanjut. Setelah ini kita baru bisa memilih tanggal yang kita inginkan sesuai dengan tanggal yang tersedia di imigrasi (warna hijau). lalu klik lanjut lagi, dan email konfirmasi akan kembali di kirim ke email inbox kita.



12. Periksa kembali notifikasi email kita, lalu print attachment yang diberikan. kira- kira seperti ini berkasnya setelah di print. Berkas ini yang akan kita bawa ke imigrasi beserta data identitas yang di butuhkan ( Dokumen Asli dan Copy).







Untuk lembar isian di atas akan di isi oleh petugas imigrasi, kita hanya tanda tangan di pihak pemohon tapi nanti ketika di imigasi yah.


 13. Jadi di sistem baru ini tidak ada yang namanya scan dokumen dan upload dokumen. Pakaian tidak perlu formal banget, asal rapih aja, bisa pakai hem berkerah untk bapak-bapak,boleh pakai sepatu sandal, tapi  jangan pakai sandal jepit ya kalau bisa pakai sepatu tertutup lebih bagus . nggak perlu dandan menor-menor, dan nggak perlu -juga antri dari pagi-pagi buta, karena nomor antrian dibuka dari pk 08.00 hingga pukul 10.00 WIb selama belum lewat dari jam yang ditentukan nomor antrian bisa diambil. Periksa lengkap dokumen-dokumen yang akan di bawa. Kumpulkan menjadi 1 map khusus agar tidak tercecer disana.

Dokumen apa saja yang harus dibawa serta sesi saat di Imigrasi bisa di lihat di halaman berikutnya yah Membuat Paspor Online Part 2 , semoga bermanfaat.


Regards

Errika




Note : Halaman ini adalah pengalaman pribadi saya, data-data yang menyangkut data diri saya maupun tanggal, nomor dan lain sebagainya sengaja saya hilangkan untuk menjaga privasi dan tidak disalah gunakan oleh sembarang pihak.  harap maklum.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar