Selasa, 29 Desember 2015

Abel "Weaning With Love (WWL)" Story

Hallo.. kali ini mau posting cerita yang usianya nyaris setahun, karena proses ini kira-kira bulan Januari 2015 hahaa, tapi gak apa-apa lah ya kalo diceritain sekarang mumpung belom ganti tahun :p

Apasih WWL itu? mungkin masih banyak yang tabu dengan istilah ini, tapi kalo ibu-ibu gaul sih udah gak heran ya. WWL atau Weaning With Love artinya menyapih dengan cinta. Menyapih dengan sukarea dan ikhlas tanpa paksaan antara ibu dan si anak, tanpa tipuan atau bujuk rayuan dan lain sebagainya. Nah persepsi gw tentang wwl ini bukan kapan kita sukses berhenti menyusui tapi bagaimana cara kita agar proses menyusui yang sangat indah ini juga bakal berakhir dengan indah.

Iya harus indah, soalnya masa-masa awal menyusui abel aja perjuangan banget lho, bolak balik konselor laktasi ya ke hermina ya ke Carolus lah, belom lagi babyblues syndrome, masuk rumah sakit karena nipple pore dan demam tinggi, puting sobek, pecah berdarah , belum lagi bingung puting (nursing strike) sampai alergi dengan jenis makanan tertentu, tentu saja membuat masa menyusui adalah masa yang paling spesial dan indah bagi setiap ibu karena perjuangannya masing-masing. Masa dimana bisa mendekap erat tubuh mungil yang skrg udah beranjak besar, skin to skin moment ya pas menyusui ini,, galauu deh pas usia abel menjelang 2 tahun. Baca sana sini tentang sharing ibu-ibu bagaimana proses wwl mereka, ada yang di takut-takuti dengan lisptik lah, di oles balsam lah, dikasih jamu-jamu bahkan sampe ada ber akting kalau nenen mamanya sakit dengan kasih betadine dan perban hahahaha tapi semua itu adalah proses setiap ibu dan gw sangat menghargai usahanya yang luar biasa itu. Dan survei membuktikan kalau proses wwl itu ibarat kembali ke jaman Babyblues. Ini sebetulnya yang gw takutkan, dulu gw berjuang mati-matian biar anak mau menyusi sekarang harus usaha lagi untuk buat dia lupa sama menyusui.

Saat itu usia abel udah pas 2 tahun (2014) Gak kepikiran sama sekali abel bakal gw sapih di usia berapa, dengan cara apa, pake affirmasi apa dan lain sebagainya. Semua serba mengalir begitu aja, persis kayak judulnya menyapih dengan cinta,, ciaaaelaah. Jadi pas akhir tahun 2014 itu suami lagi jatuh sakit, bener-bener seminggu full bedrest, gw pun harus ambil cuti waktu itu. Bolak balik ke rs dll. Abel gw pasrahin titip ke nyokap, dari pagi sampe malem full ngurus suami, ketemu main sama abel ya cuma malem doang, nah pas saat seperti itu lah abel mulai lupa sama yang namanya "nenen". Gw pikir sekalian aja deh di sapih, mumpung lupa kan yaa. Seminggu berselang frekuensi menyusui abel makin berkurang, jadi cuma malam aja. tapi itupun gak gw tawarin, karena dia udah cranky banget *mulai nyerah*, akhirnya gw keluarin juga tuh jimat sakti madra guna hahaha *fix kalah sama jeritan abel* , langsung diem trus tidur beberapa detik kemudian, sakti kan??. proses nya gak sebentar, lumayan lama, 1 bulanan lah sampai dia bener-bener lupa sama menyusui. sampai ketika gw kasih liat dia bilang " nggak mau ah,, hiii" *muka geli* .  Trus gak ada trik khusus atau affirmasi andalan nih? ada tapi gak intens karena gak direncanakan jadi bablas nerusin kelupaannya abel sama si nenen.ada beberapa tips berdasarkan pengalaman gw pribadi ya..
  1. Kompakin suara, sebelumnya kudu kongkalikong dulu sama orang rumah khususnya suami buat kerja sama. Nanny atau kakek nenek dan tante, kalau memang saat ini sedang dalam proses penyapihan.
  2. Ajak main dan ngemil yang banyak. karena kalau udah kenyang dan capek biasanya anak langsung tidur di puk-puk sekali udah pules. nah kalau sudah bisa minum UHT lebih baik.
  3. Kerja sama dengan suami. Sebenernya sih ini yang paling utama, karena dalam proses menyapih terberat adalah pas malam hari, dimana biasanya kesaktian jimat alias nenen ini lah yang bikin si anak tidur cepet dan terbebebas dari rewel, tapi mudah-mudahan dengan adanya peran ayah bisa gantian ngelonin si anak, entah baca buku cerita, atau ajak main supaya bener-bener lupa.
  4. Sounding affirmasi positif, kalau si anak sudah besar dan si nenen hanya untuk adik bayi. ini lah affirmasi yang gw bilang, ucapkan kalimat affirmasi positif berkali-kali. bagusnya sih pas di awal-awal dia tidur dan pas proses menyusui.
  5. Kalo dia keingat dan minta, jangan di tolak. Menurut gw ketika kita larang dia untuk nenen malah nangis menjadi-jadi. tetep aja dikasih sekalian juga dimanfaatkan untuk kasih affirmasi kan bisa juga. Pelan-pelan tapi pasti, maksudnya jangan langsung di stop, tapi kurangi frekuensinya bertahap. Misal pagi saja atau malam saja, atau sehari max 2 kali saja lama-lama jadi 1 kali dst.
  6. Konsisten. kalo ini niat dari emaknya yah. pastinya kalo udah niat mau nyapih ya jangan setengah setengah dan jangan pakai target waktu menurut gw. Nanti malah stress sendiri. Berapa lama pun prosesnya jalanin aja nikmatin aja. Ada yang seminggu udah lupa, sebulan, bahkan berbulan-bulan baru berhasil. Karena kalo udah beneran lupa, justru malah bikin emaknya galau kangen mau balik lagi ke moment menyusui.. :)
Sekian dulu sharing wwl nya, oiya Abel lulus dari proses sapih pas di usia 2 Tahun 2 bulan. Mudah-mudahan bermanfaat untuk yang mau nyapih anaknya. Selamat bergalau ria .. 


Regards,

Errika
        


2 komentar:

  1. WWL emang setara kaya perang kemerdekaan. Perjuangannya hadeuhhh bingitttt #lapkeringetseember

    Hebatlah Mak Abel ini, sukses WWLnya!

    Aku blom sukses WWL nih. Weaningnya karena tekdung, masih maksa nyusuin sampe flek n bedrest. Eh malah Mas Aryo berhenti karena dibilangin Pak Dokter Obgynku zzzzz.

    Jadi, fix nih Ka, 2016 pabrik produksi lagi? ;) #menujuemakduaanak2016

    BalasHapus
  2. Iya sih kalo di telursui ini namanya WWL by accident kali ya mbak, kirain mudah karena sudah setengah lupa, ternyata berat juga ya. Berat buat emaknya sih terutama. (masih) kurang konsisten jadi rada lama sampe sebulan. Insha allah kepengen hamil tahun ini.. tapi gembok aja beom di copot hehehe.

    BalasHapus