Rabu, 17 Februari 2016

Dadar lipat coklat isi Fla Vanilla

 

Assalamualaikum

Hari ini saya mau share cemilan Dadar Lipat isi Fla Vanilla, kenapa judulnya dadar lipat? bukan dadar gulung? iya harusnya di gulung, tapi hasil gulungan saya berantakan sekali, jadilah saya lipat agar lebih rapih dan bentuknya kok jadi mirip pancake durian ya hehe. Ini kali pertama saya buat dadar isi fla, cuma penasaran aja karena pas dikantor dapat snack box isinya ada si dadar isi fla ini, kok kayaknya enak ya, saya intip cara buatnya di youtube lalu di praktekan dirumah. Sebetulnya pe-er besar dalam membuat dadar isi fla ini ya membuat kulitnya, karena kalau terlalu kental, kulit jadi tebal dan kaku, kalau terlalu tipis mudah robek ketika di angkat dan di lipat, kalau kekecilan susah buat di lipat/ digulung (rempong yee). Untuk isinya bisa di modifikasi dengan fla coklat, fla mocca atau puree buah, pisang coklat, kelapa maupun kornet. Kulitnya saya buat coklat karena Abel Chocolate Junkie, apapun yang berbau coklat dia suka. Kalau mau warna lain silakan saja. Dibuat polkadot juga bisa untuk mempercantik tampilan. Nah ini dia resep dan cara buatnya. 


Bahan Kulit ( sumber disini )
200 gr tepung terigu
sedikit minyak goreng
1 butir telur
1 sdm coklat bubuk
400 ml susu cair coklat (saya pakai UHT Indomilk coklat)
Air putih ( apabila adonan terlalu kental)

Cara buat :
1. kocok lepas telur dan minyak, beri susu cair, dan masukan tepug terigu sedikit, demi sedikit, aduk rata, apabila masih ada adonan yang bergerunjul saya saring.
2. Panas kan loyang teflon, ukuran sesuai yang ada dirumah saja, oles dengan sedikit mentega, lalu ambil 1 sendok sayur, ratakan dan panaskan. lakukan sampai adonan habis.

Kulitnya nggak sama besar hehehe


Bahan Fla Vanila (ala NCC)
700 ml susu cair
150 gr gula pasir (tingkat kemanisan sesuai selera)
50 gr tepung maizena
1/4 sdt garam
2 btr kuning telur
1 sdm Mentega
Rum (optional)


cara buat :
1. Cairkan maizena dengan sebagian susu, sisihkan. Kocok lepas kuning telur, cairkan dengan sedikit susu, satukan dengan cairan maizena, sisihkan.
2. Rebus susu dan gula hingga mendidih, tuang campuran maizena, didihkan sekali lagi hingga meletup-letup. Angkat. Panas-panas, masukkan 1 sdm mentega, aduk rata. Biarkan Fla dingin.
3. Setelah fla dingin, ambil kulit dadar, lalu tuang 1 sdm fla vanila di tengah-tengah kulit dadar, lipat/ gulung sesuai selera.

Selamat mencoba ya, Thanks for reading :)


Regards

Errika



7 komentar:

  1. Bikin fla-nya yang saya belum pernah, Mbak. Takut keenceran atau terlalu kental, hehe.. Kalo untuk dadarnya udah pernah bikin, dulu diisi sama pisang-coklat aja, yg gampang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next kayaknya bikin itu yg pake pisang coklat, lebih ngenyangin ya hehe. kalau mau yang instan bisa pake my fla mbak :) tapi rasanya kuat bgt.

      Hapus
  2. This looks fabulous, So comforting, warm and filling… mmm.

    BalasHapus
  3. Akhir-akhir ini saya lagi rajin nyobain resep. Dan resep mbak ini menggugah selera banget deh mbak :D Saya juga suka dadar soalnya, apalagi yang isinya vla. :d

    *bookmark resepnya*

    BalasHapus
  4. Saya percaya ini enak si, wong saya doyan banget fla :D

    Salam,
    Gianta

    BalasHapus