Rabu, 03 Februari 2016

Rencana Kegiatan Mingguan usia 3 - 4 tahun


Sebagai ibu bekerja tentunya saya tidak ingin melewatkan waktu bermain dengan anak saya dirumah, begitu juga dengan perkembangan motoriknya. Ketika usianya 2 tahun, saya sering membuatkannya mainan sensory play and activities , DIY dan recipe ideas nya bertebaran di pinterest. Tapi sekarang sudah 3 tahun, 90 % aktivitas nya ada di luar rumah, bermain sepeda bersama teman-temannya, panjat pohon jambu di depan rumah, keliling komplek sore-sore. Worksheet menempel dan mewarnai yang saya print dikantor hanya 10 menit paling lama dia pegang, sisanya permainan fisik dan imaginasi yang dia suka, misal main jual-beli kue, saya jadi pembeli Abel jadi penjual kue nya. Pura-pura sedang mengisi bensin, main guru-guru'an, main dokter-dokteran, Abel pura-pura jatuh ke jurang, trus mama nya yang nyelametin (ide ini entah dia kepikiran dari mana) pokoknya full of imaginations. Setiap saya pulang kantor dia sendiri yang menentukan kita akan main apa, saya berperan sebagai apa dan cara mainnya bagaimana, tentunya sesuai dengan imaginasi Abel, yang terkadang saya sendiri tidak tau peran apa yang saya mainkan.  " mama tiduran, trus nangis" " nangis nya gini, tangannya ke muka gini ni"  "ibu erika kenapa, ketembak ya kakinya?" "oh ini harus disuntik" dan tiba-tiba saja pulpen pilot berujung lancip sukses menghujam betis saya.. subhanallah sakitnya luar bisa. Ini sih nangis betulan mamanya huhuhu. Ya kira-kira seperti itulah pola bermain kami sehari-hari. 

Sebetulnya tidak ada yang salah dari cara quality time kami, tapi alangkah baiknya di sela-sela bermain fisik dan motorik itu saya selipkan beberapa kegiatan yang mengandung unsur moral & keagamaan, seni, kelancaran berbahasa, unsur kognitif, hafalan doa-doa, dan lain-lain. Tentunya  saya ingin kegiatan yang mengandung unsur-unsur tersebut sesuai berdasarkan kurikulum PAUD dari diknas dengan standar tingkat pencapaian perkembangan kelompok usia 3 - 4 tahun. Setelah saya browsing akhirnya saya menemukan sebuah situs yang sangat inspiratif  "Rumah Bunda" dimana isinya tentang sharing beliau yang menjalankan Home Education alias Homeschooling namun berpedoman pada kurikulum resmi dari diknas. Ya hitung-hitung persiapan Abel untuk masuk sekolah tahun ini. Kadang terbesit di benak saya, kalau usia 3 tahun itu sebetulnya anak-anak sudah bisa apa sih? atau sudah bisa di ajarkan apa saja sih dirumah untuk usia 3-4 tahun, nah di Rencana kegiatan mingguan ini menurut saya cukup menjadi tolak ukur untuk perkembangan anak saya. Walaupun perkembangan setiap anak itu berbeda beda ya, jadi jangan di jadikan patokan yang mutlak juga, karena nanti malah bikin stress " duh kok anakku belom bisa ini" hehe, tidak ya. Saya mengacu pada RKM ini untuk persiapan kematangan Abel bersekolah nanti, supaya nggak kaget. Di Rencana Kegiatan Mingguan ini di bagi menjadi 2 sesi yaitu, Lingkunganku dan Diri Sendiri. Sebetulnya kalau merujuk dari sumber aslinya setiap sesi di targetkan 3 pekan, namun saya tidak menargetkan berapa lama. Karena rentang umurnya 3-4 tahun jadi saya tidak ingin Abel merasa terbebani dengan materi yang saya berikan, saya biarkan dia berkembang dan tumbuh  dengan caranya sendiri namun tetap saya arahkan melalui kegiatan dan materi-materi berikut ini. 






Nah materi-materi di atas saya print dan saya tempel di rumah serta di kantor, jadi sebagai pengingat atau checklist saya apa saja yang abel sudah bisa dan belum bisa, jadi saya bisa melakukan penekanan di kegiatan itu. Lalu kegiatan apa yang nanti bisa saya selipkan di sela-sela bermain selepas pulang kantor. Untuk materi atau kegiatan yang sudah bisa Abel lakukan, tetap harus saya ulang-ulang lagi, misalnya doa-doa sehari-hari , kadang masih suka terbalik-balik, mana doa makan , mana doa tidur. Oiya Untuk Kosakata Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, saya skip dulu saja. Saya fokuskan ke doa sehari-hari dan surat-surat pendek dulu. Rencana kegiatan ini saya buat se-fleksibel mungkin, jadi saya tidak menekankan mana saja yang ajarkan terlebih dahulu, tapi tergantung situasi saja. Kadang saya sendiri suka bingung mau bermain apa hari ini, karena Abel lebih sering main diluar, pas musim hujan gini kegiatannya ya gitu-gitu aja, membaca buku, mewarnai, main mobilan, main sepeda dalam rumah, nyanyi-nyanyi trus dia bosan, nah dengan adanya rencana kegiatan ini saya jadi ada ide  kegiatan bermain sehari-hari, rencana kegiatan ini juga tersedia dalam bentuk file PDF, bisa di unduh secara gratis. Semoga bermanfaat ya.

File download : Rencana Kegiatan Mingguan Anak Usia 3-4 tahun


Regards

Errika



Tidak ada komentar:

Posting Komentar