Rabu, 09 Maret 2016

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 2016


Assalamualaikum,

Hari selasa kemarin tangal 8 Maret 2016, abel datang ke posyandu terdekat untuk vaksin Polio, dalam rangka mensukseskan PIN 2016 indonesia bebas polio. Beberapa hari sebelumnya Abel sudah mendapat undangan dari RW setempat untuk vaksin, lengkap dengan nomor urut dan tanggal kedatangan. (lupa foto undangannya). Berhubung pekan ini berlangsung dari tanggal 8-15 maret 2016, sampe posyandu sepiii banget. Ngga ada antrian. Kami datang nggak ada 5 menit. Abel dateng, di data, trus di tetesin vaksin, celupin kelingking ke tinta.. All done.

Apasih Pekan Imunisasi Nasional itu, sampe kapan?

Indonesia telah dinyatakan bebas polio bersama dengan negara anggota WHO di South East Asia Region (SEAR) pada bulan Maret 2014. Untuk mempertahankan keberhasilan tersebut, dan sebagai bagian melaksanakan komitmen mewujudkan Dunia Bebas Polio, Indonesia perlu memperkuat pelaksanaan program imunisasi rutin polio dan kegiatan imunisasi tambahan yaitu Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang akan dilaksanakan pada tanggal 8-15 Maret 2016. Lokasinya di posyandu atau lokasi yang ditunjuk disekitar rumah, kalau anak kita sudah terdata, nanti ada petunjuk dimana vaksin dapat diperoleh yaitu di Posyandu,Polindes, Poskesdes, Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan Rumah Sakit serta Pos PIN terdekat ya.



Kok Abel ikut polio lagi sih, emang belum pernah dapat vaksin Polio?

Sudah banget, untuk imunisasi polio sebetulnya Abel sudah lengkap, kalau dari jadwal imunisasi th 2014, abel sudah dapat 4 kali imunisasi polio di rumah sakit. PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Tujuan PIN Polio antara lain mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari negara lain, memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi dan memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio. Nah jadi PIN ini hanya sebagai booster saja untuk Abel, karena pencegahan itu jauh lebih baik kan.


Jadwal Imunisasi IDAI 2014

Menurut Kemenkes bahwa Penularan virus polio yang berasal dari luar negeri (importasi) pernah terjadi di Indonesia pada tahun 2005, padahal sebelumnya sudah 10 tahun Indonesia tidak memiliki kasus polio. Kejadian tersebut dimulai dari kasus di Sukabumi pada Januari 2005, dan kemudian menyebar ke provinsi lain di pulau Jawa dan Sumatera, dengan total kasus 305 anak. Virus polio import tersebut diduga berasal dari Nigeria yang menyebar melalui Timur Tengah. Penularan tersebut terjadi terutama pada anak-anak yang rentan terhadap penyakit polio oleh karena belum mendapat imunisasi polio sama sekali atau imunisasi polio yang diperoleh belum lengkap. Berdasarkan keadaan ini, maka Indonesia harus melakukan pemberian imunisasi tambahan polio untuk mendapatkan kekebalan masyarakat yang tinggi sehingga akan dapat mempertahankan status bebas polio yang telah diperoleh dan juga sebagai upaya untuk mewujudkan Dunia Bebas Polio.

Dateng-dateng langsung mangap. Untung manis :D 

Dicelup tinta selesai vaksin.

Duh anakku kan mau di vaksin polio bulan depan, trus masih boleh ikut PIN ngga?

Berikut roadmap vaksin dari Nakes Puskemas yah, kalau masih ada jadwal vaksin POLIO selanjutnya di beri jarak 28 hari atau kurleb sebulan, kalau jadwal vaksin lain, lanjut aja sis, ngga ada masalah kok. Selama anaknya dalam kondisi fit yah. Trus kalau abis imunisasi polio minggu kemarin, boleh ikut PIN lagi? Boleh, menurut IDAI bagi yang sudah vaksin polio 2 hari sebelum PIN, boleh banget ikut PIN ;).

Roadmap vaksin polio setelah PIN

Ada efek sampingnya gak vaksin polio ini?

PIN 2016 ini vaksinnya di tetes atau oral (kecuali yogya yah), walaupun oral menurut nakes tetap ada efek samping seperti demam, namun persentase nya kecil sekali. Berat kecilnya efek tergantung kondisi tubuh anak. Kalau saya baca-baca di grup Gesamun sih, banyak juga yang habis PIN anaknya jadi demam. Alhamdulillah Abel saat vaksin dalam kondisi fit, setelah vaksin tidak demam, tapi malamnya tidur agak kurang nyeyak, gerak-gerak terus. Tapi no worries. Besok paginya udah ceria lagi.

Yuk kita sukseskan Indonesia bebas polio. Masih banyak waktu sampai 15 Maret 2016, datangi pos PIN terdekat. Salam sehat semua ;)


Thanks for reading,


Regards

Errika

Refrensi :















6 komentar:

  1. Wah kayak pilkada aja pake dicelupin tinta :)

    Alfi jadwalnya besok, tapi kalau tetes jarang ada drama. Yang heboh kalau imunisasinya pake jarum suntik. Nangis semuaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iyes mbak, kalo suntik mesti rame deh posyandu. Sebelnya kalo suntik wlpn gak demam teteup badan pada pegel-pegel bikin rewel juga ujung2nya :D

      Hapus
  2. Alhamdulillah kedua anakku juga udah ikutan PIN. Kmrn anak2 pd rewel, nangis saat dipegang kader posyandunya. Akhirnya emaknya self service, nimbang badan sendiri, netesin vaksin sendiri hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mamanya hebat, haha self service ya mak, dari pada ngamuk yaa kan.

      Hapus
  3. Abel pinter banget dateng-dateng langsung mangap :P
    Seru yaa setelah ikut PIN langsung celup jari ke tinta.

    Thanks infonya ya mama Abel :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dari rumah udah di iming2in mau di kasih permen tetes, manis deh.. untung aja di tetes mba cin, kalo di suntik mah kelenger jugak hihi

      Hapus