Rabu, 24 Februari 2016

Ketika Abel mimpi buruk


Assalamualaikum

Moms, pernah nggak si kecil kebangun tengah malam, trus nangis histeris, dan nggak mau bobok lagi? Kalau iya, mungkin bisa saja dia bermimpi buruk, kalau yang belum bisa bicara mungkin sulit di deteksi apa penyebabnya, selain mimpi, bisa karena, mengompol, kaget oleh suara tertentu atau di gigit serangga. Kok bisa ya anak kecil mimpi buruk? banyak praktisi berkata kalau sebetulnya balita yang mengalami mimpi buruk rentang usianya 5-8 tahun, namun tidak menutup kemungkinan usia dibawah itu mengalami mimpi buruk. 

Ma ada tengkorak di balik kasur!  

Saya lupa persisnya tanggal berapa, malam itu Abel tidur seperti biasa pukul 11 malam, sebelum tidur memang aktifitas Abel luar biasa aktifnya, menggambar, minta baca buku, main mobilan, becanda dengan papanya, sampai main skuter dan sepeda dalam rumah. Tak luput juga lari larian sampai bajunya lepek karena keringat. Dini hari pukul 02.30 Abel terbangun sambil menangis histeris, dia membangunkan saya lalu minta gendong. Saya ikut panik, saya tanya,

Saya "Abel, kenapa? di gigit semut?"
Abel "Takuuut"
Saya "Takut, sama apa" 
Abel " Takut sama tengkorak"

Abel menangis meraung-raung kira-kira 15 menit, rupanya dia mimpi buruk, saya coba tenangkan dulu baru saya ajak bicara lagi. Sambil saya ingat-ingat sebelum tidur dia nonton apa, main apa dan baca apa. Dan ternyata saya baru ingat kalau sore tadi abel buka-buka buku ensklopedi anak tentang tubuh kita, dan ada gambar tulang dan tengkorak. Tapi Abel justru sangat antusias dengan tema ini, berkali kali dia minta ceritain tengkorak itu apa, saya jelaskan se sederhana mungkin aja dan mudah-mudah an dia paham. "Abel, tengkorak itu isi nya tulang tulang yang banyak, kalo nggga ada tulang badan abel ngga bisa berdiri, ngga bisa jalan, ngga bisa main sepeda. tulang itu adanya di dalam badan abel nih yang keras-keras, warnanya putih. Mama punya tengkorak, Abel punya tengkorak, papa punya semua orang punya tengkorak" sambil saya raba-raba kaki dan tangannya menunjukan ini tulang. Nggak ada anda-tanda dia takut. Setelah Abel tenang besok paginya saya coba tanya kan lagi.


Saya "Abel takut sama tengkorak?"
Abel "iya, ada tengkorak"
Saya "dimana?"
Abel " itu di balik kasur"
Saya coba balikkan kasur yang paling pojok sesuai lokasi yang abel tunjuk, 
Saya " tuh ngga ada kan, abel cuma mimpi namanya, nggak apa apa. mimpi itu bunga tidur"
Abel " ini bunga nih" nunjuk daster saya yang motifnya kembang-kembang *tepok jidat*
Saya " Bukan bunga yang ini, maksudnya mimpi itu cuma ada pas abel bobok aja, kalo abel bangun mimpinya ilang, ngga perlu takut ya, kan tengkorak engga serem, abel pemberani kan. kalau mau bobok abel baca doa dulu makanya, Abel baca doa bobok dulu ngga semalem?"
Abel "baca"
Saya "coba gimana"
Abel " Allohuma ini ujubika kubusi kobawis" (masih belepotan)
Saya " zzzzz, itu doa mau masuk kamar mandi bel --.--"

Habis itu saya nggak tanya tanya lagi tentang tengkorak itu. Beberapa hari kemudian saya pikir dia sudah lupa sama mimpi buruk malam itu, ternyata nggak, dia malah ngadu sama nenek kakek, tante-tantenya kalau ada tengkorak di kasur. Mereka pikir Abel lihat makhluk halus hahaha. Saya bilang ke orang rumah jangan tanya-tanya lagi soal tengkorak ke Abel, nanti dia jadi takut beneran.

Apa sih penyebab balita mimpi buruk? 
Faktor-faktor yang menyebabkan mimpi biasanya aktifikas-aktifitas yang dilakukan sebelum tidur, kegitan di siang hari. mendengar cerita seram, menonton film atau adegan tertentu, di takut-takuti oleh suatu hal atau bisa juga perasaan cemas karena ditinggal orang tua, perasaan takut akan hal-hal tertentu dan lain sebagainya.

Tips menenangkan si kecil setelah mimpi buruk
1. Segera peluk, dan redakan tangisannya
2. Orang tua jangan ikut panik, karena kepanikan orang tua justru akan menambah rasa takut si kecil
3. Setelah mulai tenang, beri minum dan minta untuk tarik nafas dalam perlahan.
3. Beri pengertian sesederhana mungkin, kalau itu hanyalah mimpi dan tidak nyata.
4. Ketika sudah tenang, tanyakan apa yang dia lihat dalam mimpi, jangan memaksa sikecil bercerita ya, kalau dia masih nggak mau cerita ya nggak apa apa. Karena dengan bercerita akan mengurangi perasaan takut dan tertekan. Kalau dia mau bercerita tadi mimpi apa jangan lupa kasih pujian, agar perasaannya senang kembali.
5. Kalau saya sih, saya pastikan di bawah kasur (di tempat yang dia tunjuk dalam mimpi) tidak ada apa-apa. Cuma untuk make sure aja, karena Abel kalau belom liat belom percaya'an hehe.
6. Jangan tanya-tanya lagi tentang mimpi buruk yang di alami si kecil. Justru malah akan  menambah imaginasi negatif yang membuat si kecil menjadi penakut.


Tips agar si kecil tidak mimpi buruk
1. Sebelum tidur biasakan untuk mengganti pakaian, bersih bersih atau diseka dengan air hangat agar lebih segar karena aktifitas nya mengeluarkan keringat yang bisa membuat tidak nyaman saat tidur.
2. Ceritakan kisah-kisah yang baik dan menyenangkan dengan karakter yang bentuknya tidak menakutkan.
3. Nyanyikan lagu pengantar tidur yang dia sukai.
4. Suasana kamar tidur yang nyaman juga salah satu faktor yang penting untuk membuat si kecil tidur lelap, alas tidur yang lembut, dan lampu kamar di biarkan menyala.
5. Usapkan lotion di telapak kaki atau aroma terapi yang membuat relax dan nyaman
6. Terakhir jangan lupa untuk berdoa yah. 


Thanks for reading,, xoxo

Regards,

Errika



Note : all credit picture taken from google

9 komentar:

  1. Abeeeel! Hahahaha aslik ngakak bagian nunjuk daster buahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhaha iya salah ngomong kayaknya gw bilang perumpamaan "bunga tidur"

      Hapus
  2. Hihi... Abelnya lucu. Udah pinter do'a masuk kamar mandi juga. :)

    Salam kenal, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak, Umi. Iya tapi masih suka belepotan dan kebalik balik :)

      Hapus
  3. Abel termakan sugestinya sendiri, ya. Hihi ngikik pas baca bunga dan doa yang kebalik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak efi, sampai sekarang masih ke ingat-ingat si tengkorak itu :(

      Hapus
  4. nyahahaha... Si Abel ketakutan tapi ngelawak. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya, polos banget bilang bunga malah nunjuk daster :))

      Hapus
  5. Abel! Bikin mataku seger lagi deh diujung jam ngantor :D thanks for sharing mbaaak

    Salam,
    Asya

    BalasHapus