Senin, 15 Februari 2016

[Resep] : Puding Telur Ceplok


Assalamualaikum,
Hari ini mau share (lagi) resep-resep cemilan yang saya buat ketika libur dirumah. Puding Telur Ceplok, mendengar namanya saja sudah terbayang bentuk pudingnya seperti apa, ya kayak ceplok telur lah ya.. hehe, cara buatnya mudah sekali, sama seperti kita bikin pudding 2 layer, untuk kuning telur saya buat rasa mangga, dan putihnya rasa susu saja, bisa di modifikasi sesuai selera, seperti rasa jeruk untuk kuningnya dan rasa leci untuk putihnya, intinya 2 kali masak, tapi untuk pudding yang kuning telurnya di cetak di cetakan bulat bulat kecil. Cetakan yang saya gunakan adalah cetakan untuk kue talam, atau kalau punya cetakan lain silakan, tapi memang membuat pudding ukuran kecil-kecil begini ya harus punya cetakan lebih dari 10 karena jadinya bisa banyak. Untuk mencetak pudding telur secara keseluruhannya juga harusnya sih pakai cetakan bulat juga biar bentuknya persis kayak telur ceplok sungguhan, tapi berhubung nggak punya, jadi saya pakai kotak mika ukuran kecil saja. Berikut resep dan cara buatnya.
Bahan untuk Kuning Telur :
1 sachet susu kental manis putih
2 sachet jasjus rasa mangga
5-6 sdm gula pasir
1 bks Nutrijel rasa mangga
700 ml Air putih
Cara : Campur semua bahan, didihkan, cetak di cetakan bulat, dinginkan. Setelah dingin/keras, keluarkan dari cetakan, susun di tengah cetakan mika/cetakan bulat.



Bahan Putih Telur :
1 Bks Agar-agar putih/bening
 500ml susu cair putih (saya pakai UHT rasa vanilla)
10 sdm gula pasir
300 ml air putih
1 bks vanili bubuk (optional)
Cara : Campur semua bahan didihkan, siram ke cetakan yang ditengah-tengahnya sudah di taruh kuning telur, jagan sampai tenggelam. diamkan hingga mengeras.
Mudah sekali kan cara buatnya, untuk tingkat kemanisan dan rasa bisa disesuaikan dengan selera ya,  
untuk takaran seperti di atas, bisa membuat kurang lebih 25-30 pcs pudding telur ceplok, tergantung jenis cetakan yang digunakan, karena saya cuma punya 24 cetakan kue talam, sisanya saya cetak di mangkuk dan gelas kecil agar lebih menarik. yuk di coba :)
Thanks for reading Xoxo
Regards
Errika

4 komentar: